Advertisement

Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Semifinal SEA Games dengan 10 Pemain

Ginanjar Saputra
Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Semifinal SEA Games dengan 10 Pemain Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Beckham Putra N (kiri) dan Titan Agung Bagus (kanan) merayakan gol ke gawang Timnas Kamboja saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). Indonesia mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1 dan lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup A. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa - aww.

Advertisement

Harianjogja,com, JOGJATimnas Indonesia menyingkirkan Timnas Vietnam dalam pertandingan semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Pnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023).

Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-60 setelah Pratama Arhan mendapatkan kartu merah.

Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua setelah dianggap melanggar penyerang Vietnam dalam sebuah skema serangan lawan.

Meski hanya dengan 10 pemain, Timnas Indonesia mampu menang dengan keajaiban yang tercipta di akhir pertandingan.

Di pertandingan itu, Timnas Indonesia lebih dulu mencetak gol lewat aksi Komang Teguh di menit ke-10. Komang berhasil melesakkan bola ke gawang Vietnam lewat sundulan kepala setelah menerima umpan lemparan ke dalam yang cantik dari Pratama Arhan.

Namun, keunggulan Indonesia hanya bertahan 25 menit setelah Vietnam mampu membalas di menit ke-35. Hasil imbang 1-1 antara Indonesia dan Vietnam di semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 bertahan hingga turun minum.

Setelah turun minum, Indonesia langsung memberikan serangan terus-menerus ke pertahanan Vietnam sejak awal babak kedua. Serangan Indonesia akhirnya membuahkan hasil di menit ke-53 lewat sepekan keras Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti dan dibelokkan lewat sentuhan kaki Muhammad Ferrari yang mengubah skor menjadi 2-1.

Setelah tertinggal, Timnas Vietnam berupaya membalas dengan beberapa kali melakukan serangan balik yang cukup membahayakan. Namun pertahanan Indonesia yang cukup rapat sulit bisa ditembus para pemain Vietnam.

Petaka terjadi kala Pratama Arhan mendapatkan ganjaran kartu merah dari wasit. Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Arhan diusir dari lapangan.

Sayang seribu di menit ke-78, bek Timnas Indonesia, Bagas Kaffa, melakukan gol bunuh diri yang membuat skor kembali sama kuat, 2-2. Bagas yang berniat membuang bola dari daerah pertahanannya justru membuat gol bunuh diri karena bola sepakannya mengarah ke gawang sendiri.

BACA JUGA: Korupsi Stadion Mandala Krida, Mantan Kabid di Disdikpora DIY Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Keajaiban terjadi di menit ke-95 saat Timnas Indonesia berhasil comeback secara epic. Sepakan keras Taufany Muslihuddin dari luar kotak penalti berhasil menjebol gawang Vietnam.

Hasil 3-2 untuk keunggulan Indonesia atas Vietnam pada pertandingan semifinal cabang olahraga sepak bola pria SEA Games 2023 bertahan hingga wasit menio peluit panjang.

Dengan hasil ini, Timnas U-22 Indonesia berhak melaju ke babak final cabang olahraga sepak bola pria SEA Games 2023.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement