Advertisement

Beredar Surat dari PT LIB, Liga 1 Musim Depan Tanpa Suporter Tamu

Rudi Hartono
Minggu, 04 Juni 2023 - 14:27 WIB
Jumali
Beredar Surat dari PT LIB, Liga 1 Musim Depan Tanpa Suporter Tamu Surat dari PT LIB - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Beredar surat dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola nasional, termasuk Liga 1, mengenai revisi peraturan pertandingan kompetisi Liga 1 musim depan maupun playoff untuk ajang level Asia.

BACA JUGA: Sebelum Lakoni Liga 1, PSS Sleman Agendakan Lima Kali Uji Coba dengan Tim Selevel

Advertisement

Pada pokoknya, surat itu menyebut bahwa pertandingan kompetisi maupun playoff tidak dapat dihadiri superter tim tamu.

Surat PT LIB tersebut beredar di Twitter. Pantauan Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Minggu (4/6/2023), surat itu bernomor 225/LIB-COR/VI/2023 mengenai penyampaian revisi peraturan pertandingan playoff.

Surat ditujukan kepada Bali United FC dan PSM Makassar dan ditandatangani Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

Berikut isi lengkap surat PT LIB:

Nomor: 225/LIB-COR/VI/2023

Lampiran :1 (satu) Berkas

Perihal: Penyampaian Revisi Peraturan Pertandingan Play-Off

Kepada Yth.

1. Bali United FC

2. PSM Makassar

Di Tempat

Salam Sepakbola,

Rujukan:

1. Pelaksanaan Pertandingan play-off antara juara BRI Liga 1-2021/2022 vs Juara BRI Liga 1-2022/2023 sebagai penentuan wakil Indonesia pada slot play-off AFC Champion League 2023/24;

2. surat LIB nomor: 217/LIB-COR/V/2023 perihal Penyampaian Peraturan Pertandingan play-off tanggal 29 Mei 2023.

Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, bersama ini PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan revisi peraturan pertandingan play-off.

Adapun revisi yang dimaksud terdapat pada Pasal 31 ayat (3) peraturan pertandingan play- off, yang berbunyi:

“Dalam hal masa transisi transformasi sepakbola nasional, seluruh Pertandingan sepak bola nasional termasuk Kompetisi dan Play-off, tidak dapat dihadiri oleh supporter klub tamu.”

Demikian revisi peraturan ini disampaikan, atas berkenannya diucapkan terima kasih.

Hormat Kami, Jakarta, 2 Juni 2023

Ferry Paulus
Direktur Utama

Ketentuan adanya larangan suporter tim tamu atau tim away pada setiap laga kompetisi Liga 1 maupun playoff menjadi bahan perbincangan warganet.

Pengguna akun @garagarabola_ memantik diskusi dengan meminta pendapat warganet tentang tidak adanya suporter away selama BRI Liga 1 2023/2024.

Pengguna akun @seniman_bola mengaitkan Liga 1 musim depan bersamaan dengan dengan suhu politik yang makin memanas. Semua pihak perlu mewaspadai pihak-pihak yang ingin bermain kotor.

Sejumlah warganet menyebut peraturan itu dibuat agar menjadi instrospeksi atas Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022, yang mengakibatkan lebih dari 130 orang meninggal dunia itu.

“Suporter harus belajar untuk mau diatur. Penikmat bola bukan cuma suporter yang datang ke stadion,” tulis pengguna akun @kurnia_fitrian1.

Hal yang sama diungkapkan pengguna akun @ThiisReallyme. Dia tak mempermasalahkan tidak ada suporter tim tamu selama masa transisi transformasi sepak bola nasional. Sebab, Liga 1 musim depan bakal dipantai FIFA.

“Gpp sih Selama masa transisi. Antisipasi, Sebelum Perbaikan operator yg bener bener dripada resiko. Karna kan fifa bakal mantau. Org kmrin hbs tragedi aja masih Ada ribut ribut pdahal bukan High Risk Match. & ada lagi tahun politik.
Percaya yg terbaik deh,mksimalkn di home,” tulis dia.

Pengguna akun @ddiiittthhh melihat dari sisi keuntungan dan kerugian dari peraturan tidak boleh ada suporter tim tamu saat kompetisi Liga 1.
“Kalo dari sudut pandang gw yg pernah jadi LOC Chairman salah satu Tim Liga 1 sih ada 2 aspek masalah keuntungan dan kerugian kebijakan ini sih.keuntungannya adalah pihak LOC diringankan kerjaannya dalam hal pengamanan, kerugiannya adalah pasti turunnya pemasukan penjualan tiket,” tulis dia.

Hingga berita ini ditulis belum ada pernyataan dari PT LIB. Laman ligaindonesiabaru.com sebagau saluran resmi penyampai informasi terkini kompetisi tidak ada unggahan tentang hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement