Advertisement

Asprov PSSI DIY Gelar Seleksi Tim BK PON Cabor Sepakbola Putra di 5 Lokasi

Sunartono
Rabu, 07 Juni 2023 - 23:27 WIB
Sunartono
Asprov PSSI DIY Gelar Seleksi Tim BK PON Cabor Sepakbola Putra di 5 Lokasi Pengurus Asprov PSSI DIY berfoto bersama dengan Ketua KONI DIY usai pertemuan membahas persiapan BK PON pada Senin (5/6/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asprov PSSI DIY memastikan akan mengirim empat cabang olahraga terdiri sepakbola putra putri dan Futsal putra putri untuk mengikuti seleksi Babak Kualifikasi (BK) PON Aceh-Sumut 2024. Adapun seleksi pemain terutama sepakbola putra akan digelar secara roadshow di seluruh kabupaten dan kota di DIY.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Dessy Arfianto menjelaskan pelaksanaan Pra PON sepakbola putra putri dan futsal putra putri akan berlangsung oada Oktober 2023 mendatang. Dengan waktu yang cukup mepet itu, ia akan memaksimalkan persiapan tim untuk mengikuti BK PON. Khusus untuk sepakbola putra dan putri, berdasarkan rapat Komite Eksekutif PSSI DIY disepakati mengikuti seleksi pra PON. Selain itu telah menunjuk pelatih sepakbola putra Erwan Hendarwanto yang juga mantan pelatih PSIM dan Nopendi mantan pemain Persiba Bantul sebagai pelatih sepakbola putri.

Advertisement

BACA JUGA : 4 Nama Bertarung Memperebutkan Kursi Ketum Asprov PSSI

“Kami menunjuk Coach Erwan sebagai pelatih untuk yang putra dan Coach Nopendi untuk tim putri. Akan memulai dengan tahap seleksi pada 12 Juni [2023], sepakbola putra secara roadshow ke lima kabupaten dan kota di DIY,” katanya Senin (5/6/2023)

Adapun jadwal seleksi untuk sepakbola putra antara lain 13 Juni 2023 berlangsung di Stadion Sultan Agung untuk wilayah Bantul, tanggal 14 dan 15 Juni di Lapangan UNY Wates untuk seleksi wilayah Kulonprogo, tanggal 16-17 Juni 2023 di Lapangan Karang Kotagede untuk wilayah Kota Jogja dan 19-20 seleksi digelar di Satdion Tridadi untuk wilayah Sleman. Terakhir pada 21-22 Juni 2023 seleksi wilayah Gunungkidul dihelat di Gelora Handayani.

“Kemudian untuk Sepakbola putri seleksi digelar di tanggal 17, 18 dan 24 Juni 2023 di Lapangan Karang Kotagede ,” ujarnya.

Khusus untuk sepakbola putra ada batasan usia untuk pemain amatir antara kelahiran maksimal 1 Januari 2003. Adapun calon pemain yang dibidik merupakan kelahiran 2003 dan 2004 diharapkan hadir mengikuti seleksi tersebut. Sedangkan tim sepakbola putri bebas usia dan saat ini sudah memiliki database pemain namun masih memungkinkan membuka peluang pemain amatir lainnya. Ia berharap melalui sistem seleksi yang digelar secara roadshow di seluruh DIY itu bisa merekrut pemain yang layak untuk membela DIY dalam mengikuti Pra PON cabor sepakbola.  

“Semua yang sesuai kriteria usia dan ber-KTP DIY berhak untuk mengikuti seleksi ini,” ujarnya.

Pelatih Tim BK PON Cabor Sepakbola Putra Erwan Hendarwanto menerima kesepakatan untuk menjadi pelatih Tim BK PON dengan alasan ada tantangan tersendiri terutama dalam menembus agar DIY lolos BK PON. Selain itu pertimbangannya karena ada keseriusan antara Asprov PSSI DIY dengan KONI DIY untuk sama-sama bersemangat agar DIY lolos BK PON untuk cabor sepakbola.

BACA JUGA : Sah! Dessy Arfianto Terpilih Menjadi Ketua Umum PSSI DIY

“Target untuk bisa lolos pertama kalinya ini tentu menjadi tantangan bagi kami untuk membangun tim ini lebih kuat, meski pun seleksi baru akan dimulai pada tanggal 12 Juni ini, tetapi harapannya tidak ada kendala sehingga Juli tim sudah bisa mulai berlatih,” katanya.

Ketua Umum KONI DIY Profesor Djoko Pekik Irianto berharap DIY bisa memainkan sepakbola pada PON, mengingat selama ini sejak PON 1 hingga PON 20 belum pernah sepakbola lolos kualifikasi. Oleh karena itu ia mendorong kepada pengurus Asprov PSSI yang baru agar mampu menembus kualifikasi pra PON untuk cabor sepakbola sebagai salah satu peninggalan bersejarah sepak bola DIY yang tidak pernah menembus PON.

“Kami sudah menerima laporan pada dasarnya Asprov siap untuk mengikuti BK PON, baik sepakbola putra putri maupun futsal putra dan putri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tentara Israel Dikabarkan Siap Menyerang Kota Rafah di Gaza Selatan

News
| Rabu, 24 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement