Advertisement

Final Piala Asia, Qatar vs Yordania Malam Ini, Siapa yang Diunggulkan?

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Final Piala Asia, Qatar vs Yordania Malam Ini, Siapa yang Diunggulkan? Logo Piala Asia 2023 - ist - Piala Asia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Piala Asia 2023 memasuki puncaknya dengan mempertemukan tuan rumah Qatar vs Yordania di Stadion Lusail, Sabtu (10/2/2024) malam ini pukul 22.00 WIB.

Perjalanan Qatar dan Yordania menuju final Piala Asia 2023 tidak lepas dari peran penting sejumlah pemain yang bisa menentukan hasil akhir.

Advertisement

Membedah kekuatan timnas Qatar dan Yordania, ada tiga nama pemain yang pantas menjadi sorotan di pertandingan final nanti.

Berikut tiga pemain dari timnas Qatar dan Yordania yang menjadi kekuatan utama masing-masing kesebelasan.

BACA JUGA: Final Piala Asia Malam Ini, Qatar Penuh Percaya Diri

Timnas Qatar

Akram Afif

Afif sedang dalam performa luar biasa dengan mencetak lima gol dan menciptakan tiga assist. Afif mempunyai kecepatan, keterampilan, dan visi bermain yang bisa menciptakan kekacauan bagi pertahanan lawan sepanjang turnamen.

Afif memainkan peran penting dalam membantu timnya mengangkat trofi Piala Asia lima tahun lalu dengan mencatatkan rekor 10 assist.

Sepanjang pagelaran Piala Asia 2023 ini, Akram Afif sudah mencetak lima gol dari enam laga. Selain itu, Afif juga sudah melepaskan 16 tendangan ke gawang, melakukan 14 kali dribel, dan menciptakan tiga assist.

Dengan catatan tersebut, Akram Afif menjadi kandidat pemain terbaik Piala Asia 2023, apalagi jika berhasil membawa Qatar mempertahankan gelar juara.

Hasan Al Haydos

Usia Hasan Al Haydos memang sudah tidak muda lagi. Tetapi, pria kelahiran 33 tahun lalu itu telah menjalankan peran penting sebagai kapten dengan sempurna. Pengalaman berbicara, selama bermain, Al Haydos dilengkapi dengan kecakapan teknis, visi yang luar biasa, dan kualitas kepemimpinan yang kuat.

Al Haydos bahkan juga bisa mencetak gol, seperti yang dilakukan saat melawan China, Palestina, dan Uzbekistan. Qatar akan mengandalkan kepemimpinan Al Haydos di lapangan untuk membawa pasukan The Maroons mempertahankan trofi Piala Asia.

Almoez Ali

Penampilan Almoez Ali di Piala Asia 2023 kali ini memang tidak seeksplosif tahun 2018 dengan torehan sembilan gol waktu itu. Namun peran Ali di dalam skuad untuk memecah konsentrasi lawan agar Akram Afif masuk ke daerah pertahanan lawan, sangat vital.

Almoez Ali membuat gol kemenangan untuk Qatar saat membekuk Iran di babak semifinal dengan skor 3-2. Selama Piala Asia 2023, Ali sudah mencetak dua gol, lima kali main, melepaskan tujuh tendangan, dan membuat dua assist.

Jika Yordania gagal menjaga Ali, bukan tidak mungkin, pemain nomor punggung 19 ini bisa mencetak gol lagi.

Timnas Yordania

Mousa Al Tamari

Mousa Al Tamari dijuluki sebagai Messi dari Yordania. Kemampuan dribelnya sambil meliuk-liuk melewati pemain belakang lawan sangat menawan. Lini pertahanan Korea Selatan berhasil diobrak-abrik Tamari di laga semifinal dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Sebagai satu-satunya pemain di skuad Yordania yang bermain di Eropa--bersama Montpellier SC di Prancis-- penampilan Mousa Al Tamari di Qatar 2023 sangat menjanjikan dengan mencetak tiga gol.

Tidak hanya lihai dalam menyerang, striker berusia 26 tahun ini juga bekerja sangat keras untuk timnya termasuk turut membantu pertahanan. Menarik dinanti, apakah sihir Tamari akan kembali terjadi di laga final Piala Asia 2023 melawan Qatar? 

Yazan Al Arab

Yazan Al Arab Telah menjadi sosok yang sangat penting di jantung pertahanan Yordania bersama dengan Abdallah Nasib. Duet maut di lini pertahanan ini berhasil membuat para penyerang Korea Selatan yang diisi sejumlah bintang seperti Son Heung-min dan Hwang Hee-can tidak bisa berbuat banyak.

Yazan Al Arab tampil sangat kolosal dengan membendung serangan lawan selama Piala Asia 2023 berlangsung. Mempunyai postur ideal dengan tinggi 186cm, Al Arab tampil sangat baik menjaga gawang Yordania tetap bersih dari gol lawan.

Kecepatan Al Arab akan kembali mendapat ujian saat melawan pemain seperti Almoez Ali dan Akram Afif dari Qatar, yang kemungkinan akan menjadi salah satu pertarungan paling menarik di lapangan.

Yazan Al Naimat

Torehan tiga golnya selama Piala Asia 2023, nama Yazan Al Naimat telah mencuri para perhatian para pecinta sepak bola. Taktik Yordania yang menerapkan taktik serangan balik diaplikasikan dengan sempurna oleh Yazan Al Naimat.

Selayaknya penyerang-penyerang klasik di era 1990an, Al Naimat mampu menciptakan gol dari sedikitnya peluang yang didapatkan oleh Yordania. Bahkan pemain nomor punggung 11 itu berhasil dua kali menjebol gawang Korea Selatan di fase grup dan babak semifinal sekaligus membuat Yordania lolos ke babak final melawan Qatar.

Pemain Al Ahli berusia 24 tahun ini memiliki bakat menemukan ruang di antara pemain bertahan dan seringkali berlari dengan sempurna diakhiri dengan torehan gol. Jika Al Naimat diberi ruang untuk, Qatar harus siap-siap membayar mahal. Selama Piala Asia 2023 berlangsung, Al Naimat sudah mencetak tiga gol, enam kali main, dua assist, 17 tembakan, dan 23 kali dribel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement