Advertisement

Jika Kalah dari Irak, Masih Ada Peluang Timnas Indonesia Lolos Olimpiade dengan Cara Ini

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 02 Mei 2024 - 09:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Jika Kalah dari Irak, Masih Ada Peluang Timnas Indonesia Lolos Olimpiade dengan Cara Ini Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Komang Teguh Trisnanda (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas U-23 Korea Selatan Kim Dong-Jin (kanan) pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari. - Antara - HO/PSSI / mrh

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos Olimpiade Paris 2024 meski nantinya kalah dari Irak. Pada Kamis (2/5/2024) nanti malam, Indonesia akan berhadapan dengan Irak untuk memperebutkan juara tiga Piala Asia U-23.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, pukul 22.30 WIB. Indonesia secara otomatis mendapat tiket untuk lolos Olimpiade Paris 2024 apabila berhasil meraih posisi tiga.

Advertisement

BACA JUGA: Prediksi Susunan Pemain, H2H dan Skor Indonesia vs Irak U23 Piala Asia, Kamis 2 Mei 2024

Namun apabila skenario terburuk Indonesia harus kalah dari Irak, masih ada satu kesempatan lagi yang bisa dilakukan oleh skuad Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 itu bisa mendapat tiket Olimpiade dengan cara menang laga playoff antarkonfederasi.

Mereka yang berada di peringkat empat Piala Asia U-23 2024 bisa mendapat tiket Olimpiade dengan bermain dengan tim peringkat empat Piala Afrika Nations Cup U-23 2023, yakni Guinea.

Pertandingan playoff wakil Asia dan Afrika rencananya akan berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis, pada 9 Mei mendatang. Pemenang laga playoff itu akan merebut tiket terakhir bermain di Olimpiade 2024 yang berlangsung 26 Juli hingga 11 Agustus.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong (STY) sempat mengatakan bahwa mental Timnas sempat terganggu karena kekalahan dari Uzbekistan di semifinal. Oleh sebab itu, ia fokus memulihkan fisik dan mental para pemain menjelang laga kontra Irak.

BACA JUGA: Fakta-fakta Seputar Korupsi SYL yang Terungkap di Persidangan, dari Beli Mobil, Kaca Mata hingga Bayar Biduan

Pasalnya, menurut Shin Tae-yong, mental dan fisik merupakan faktor penting untuk meraih hasil positif kontra Irak. “Jujur, sulit bagi kami untuk laga besok, apalagi fisik dan mental kami terkuras di laga melawan Uzbekistan, jadi kami fokus pada pemulihan fisik. Hal itu akan menjadi penentu bagaimana hasil kami di laga melawan Irak. Jika fisik dan mental kami pulih, serta semangat kami memenangi laga, itu berpengaruh,” katanya.

Meskipun begitu, pelatih STY yakin ia dan anak-anak didiknya bisa lolos Olimpiade dengan mengalahkan Irak pada Kamis malam.

"Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," katanya, dikutip dari situs resmi PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.144 Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement