Advertisement

Cetak Sejarah! Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Putaran III Kualifikasi Piala Dunia

Arief Junianto
Selasa, 11 Juni 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Cetak Sejarah! Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Lolos ke Putaran III Kualifikasi Piala Dunia Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia antara Indonesia vs Filipina yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Garuda. Kemenangan tersebut membawa skuad Garuda lolos ke putaran III Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dalam laga itu, dua gol Indonesia masing-masing dicetak oleh Thom Haye di menit ke-31 dan Rizky Ridho di menit ke-55.

Advertisement

JALANNYA PERTANDINGAN

Timnas Indonesia mendapat peluang pertama lewat sundulan Marselino Ferdinan pada menit ketujuh memanfaatkan umpan Thom Haye. Sayangnya, sundulan Marselino masih berhasil diselamatkan kiper Filipina, Ray Mendoza.

Selanjutnya, Timnas Filipina mencoba melakukan serangan balik untuk membongkar pertahanan Indonesia yang dikomandoi Jay Idzes.

Timnas Indonesia mencoba dua kali upaya melakukan tembakan jarak jauh dari Thom Haye dan Justin Hubner namun belum menemui sasaran. Hingga menit ke-15 babak pertama, Hasil Indonesia vs Filipina masih sama kuat 0-0.

Di menit ke-17, pemain sayap kiri Timnas Indonesia, Calvin Verdonk melepaskan tembakan roket, tetapi saying tendangannya masih melenceng tipis dari gawang Filipina.

Filipina mulai menyerang pada menit 22 namun bisa dihalau oleh lini pertahanan Indonesia. Timnas Indonesia mendapat peluang berharga untuk mencetak gol pada menit 28, tetapi tendangan Verdonk di depan gawang diselamatkan kiper Filipina.

Semenit kemudian giliran gelandang Indonesia, Marselino Ferdinan yang membuat Mendoza jatuh bangun menyelamatkan gawang Filipina.

Indonesia baru berhasil mencetak gol di menit ke-31 setelah Thom Haye sukses merobek gawang Filipina lewat tendangan melengkungnya.

Hingga babak pertama berakhir, Indonesia unggul 1-0 atas Filipina.

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengancam gawang Filipina. Akan tetapi kemelut di depan gawang Filipina tidak bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi gol. Timnas Filipina mulai menyerang pertahanan Indonesia di babak kedua ini untuk menyamakan kedudukan. Verdonk melepaskan tendangan bebas pada menit ke-54 tetapi bisa ditangkap oleh Mendoza.

Goll!!! Indonesia sukses menggandakan keunggulan. Pada menit ke-55 bek Rizky Ridho sukses menyundul bola hasil tendangan bebas yang dilakukan Nathan Tjoe-A On. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Sempat ada kejadian benturan antara Ernando dengan bek Filipina, Adrian Ugelvik, yang membuat Adrian harus melakukan perawatan hingga dibawa oleh ambulan. Hingga pertandingan selesai, hasil Indonesia vs Filipina masih untuk keunggulan timnas Garuda dengan skor 2-0.

Susunan Pemain Indonesia Vs Filipina:

Indonesia:

Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam/Sandy Walsh, Calvin Verdonk/Pratama Arhan; Thom Haye, Nathan Tjoe A On/Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick/Yakob Sayuri, Ragnar Oratmangoen/Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Filipina:

Mendoza; Woods, Adrian/Rontini, Nyholm, Rublico; Baldisimo/Aguinaldo, Ingreso/McDaniel, Monis, Bailey, Demuynick/Gayoso; Reichelt

Pelatih: Tom Sainflet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Menjadwalkan Pemeriksaan Staf Hasto Kristiyanto

News
| Selasa, 18 Juni 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement