Advertisement

Hasil Spanyol vs Kroasia 3-0 di Piala Euro 2024, Gol Penalti Kockasti Dianulir Wasit, La Furia Roja Puncaki Klasemen Group B

Abdul Hamied Razak
Minggu, 16 Juni 2024 - 01:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Spanyol vs Kroasia 3-0 di Piala Euro 2024, Gol Penalti Kockasti Dianulir Wasit, La Furia Roja Puncaki Klasemen Group B Tangkapan layar Tim Spanyol mampu menaklukkan Kroasia 3-0 tanpa balas pada pertandingan penyisihan grup B Euro 2024 di Stadion Olympia, Berlin, Sabtu (15/6 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tim Spanyol mampu menaklukkan Kroasia 3-0 tanpa balas pada pertandingan penyisihan grup B Euro 2024 di Stadion Olympia, Berlin, Sabtu (15/6/2024).

Tiga gol Spanyol yang tercipta pada babak pertama dipersembahkan oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal.

Advertisement

Kroasia sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dengan mencatat 55% berbanding 45%. Kroasia bahkan beberapa kali mengancam gawang Spanyol, namun semua serangan gagal membuahkan gol.

Sejak peluit pertama dibunyikan, kedua tim bermain agresif. pelatih Spanyol Luis de la Fuente menurunkan formasi 4-3-3 melawan Kroasia. De Fuente memainkan tiga serangkai Lamine Yamal, Alvaro Morata, dan Nico Williams di barisan depan.

Ketigan trisula tersebut disokong Pedri, Rodri, dan gelandang klub Paris Saint Germain-Germain Fabian Ruiz. Di barisan belakang, De Fuente menampilkan Dani Carvajal, bek asal klub Real Sociedad Robin Le Normand, Nacho, serta bek Chelsea Marc Cucurella. Posisi penjaga gawang dipercayakan kepada kiper Athletic Bilbao, Unai Simon.

Sementara di kubu Kroasia, pelatih Zlatko Dalic juga memainkan formasi 4-3-3 untuk menahan serangan Spanyol. Di barisan depan dia menampilkan trio Andrej Kramaric, Ante Budimir, dan Lovro Majer.

Ketiganya ditopang Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, serta gelandang veteran Luka Modric. Untuk barisan belakang dijaga Josip Stanisic, Josip Sutalo, Marin Pongracic, Josko Gvardiol. Mereka bertugas mengawal kiper Dominik Livakovic.

Jalannya Pertandingan

Di babak kedua, baik tim Spanyol maupun Kroasia sama-sama bermain terbuka. Kedua tim saling menyerang. Namun berbeda strategi di babak pertama, tim Matador di babak kedua bermain lebih aman.

Selama pertandingan berjalan 45 menit, nyaris tidak ada gol tercipta. Hanya saja pada menit ke 70, Kroasia mendapatkan hadiah penalti dari wasit usai penyerang Kroasia Bruno Petcovit dilanggar oleh back Spanyol Rodri saat kemelut di depan gawang.

Sejak babak pertama digelae, Spanyol langsung menggebrak lewat serangan cepat pada menit keenam. Spanyol akhirnya unggul 1-0 pada menit ke 29, berkat gol striker sotenkan Morata. Usai menerima umpan dari Fabian Ruiz, Morata membawa bola sebentar sebelum melesakkan bola lewat kaki kirinya ke arah gawang. Alhasil, bola tidak bisa diantisipasi kiper Kroasia.

Gol Fabian Ruiz pada menit ke 32, menambah keunggulan Spanyol. Gol berawal dari operan Lamine Yamal dari sisi kanan. Ruiz membawa bola, meliuk sedikit sebelum melepaskan bola dengan tendangan kaki kirinya.

Dua kali tertinggal, Kroasia tak mau mau menyerah. Mereka kembali membahayakan gawang Spanyol namun tendangan Lovro Majer dari luar kotak penalti tak menemui sasaran.

Keasyikan menyerang, Kroasia kembali kebobolan sebelum turun minum. Spanyol justru sukses menambah keunggulan menjadi 3-0. Berawal dari umpan Lamine Yamal ke depan gawang.

Dani Carvajal kemudian datang menyambut sodoran dan mencetak gol. Skor 3-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Spanyol masih terus menyerang Kroasia. Pada menit ke-53, Pedri memberikan umpan kepada Lamal. Pemain termuda di Euro 2024 ini langsung menembak ke tiang jauh namun Livakovic bisa menepisnya.

Dua menit kemudian Kroasia terus mengancam gawang Spanyol. Kemelut terjadi di depan gawang Spanyol. Josip Stanisic menyepak bola ke arah gawang namun dengan cepat bola dihalau oleh Cucurella. Bola liar yang hendak disambar Budimir dapat dihalau Unai Simon.

Kroasia mendapat penalti pada menit ke-78 usai Rodri menjatuhkan Bruno Petkovic di kotak terlarang. Insiden ini bermula saat Unai Simon melakukan blunder.

Petkovic mengambil penalti itu namun berhasi ditepis oleh Simon. Bola rebound diambil Perisic  dan langsung diarahkan kepada Petkovic yang sukses mengonversi jadi gol. Tapi, VAR menganulirnya karena Perisic lebih dulu masuk ke kotak penalti sebelum tendangan dilakukan.

Tak ada gol tercipta lagi dan Spanyol tetap menang dengan skor 3-0. Spanyol untuk sementara memuncaki Grup B dengan tiga poin, sementara Kroasia di posisi terbawah.


Susunan pemain:

Spanyol (4-3-3):
Kiper: Unai Simon
Belakang: Dani Carvajal, Nacho, Robin Le Normand, Marc Cucurella
Tengah: Pedri, Rodri, Fabian Ruiz
Depan: Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams
Pelatih: Luis de la Fuente

Kroasia (4-3-3):
Kiper: Dominik Livakovic
Belakang: Josip Stanisic, Josip Sutalo, Marin Pongracic, Josko Gvardiol
Tengah: Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic,
Depan: Andrej Kramaric, Ante Budimir, Lovro Majer
Pelatih: Zlatko Dalic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng Meninggal Dunia, Erick Thohir: Sosok yang Berjasa Besar untuk Indonesia

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement