Advertisement

Tambah Catatan Rekor, Ronaldo Jadi Raja Assist Sepanjang Sejarah EURO

Taufan Bara Mukti
Minggu, 23 Juni 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Tambah Catatan Rekor, Ronaldo Jadi Raja Assist Sepanjang Sejarah EURO Cristiano Ronaldo. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Prestasi individu kembali ditorehkan oleh pemain gaek sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dalam gelaran Euro 2024 dengan menjadi pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah.

CR7 berandil besar dalam kemenangan Portugal atas Turki pada matchday kedua Grup F Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Portugal membekuk Turki 3 gol tanpa balas lewat lesatan Bernardo Silva (21'), bunuh diri Samet Akaydin (28'), dan Bruno Fernandes (55').

Advertisement

Meski tak mencetak gol, Ronaldo punya peran dalam kemenangan kedua Selecao das Quinas di Euro 2024 itu. Ronaldo membidani gol ketiga Portugal dengan mengirimkan assist manis yang diselesaikan Bruno Fernandes. Tambahan satu assist cukup untuk membawa Ronaldo meraih predikat baru sebagai raja assist dalam sejarah Euro.

Dari catatan Opta, Ronaldo mencetak delapan assist sekaligus yang terbanyak di antara pemain-pemain lainnya sepanjang sejarah. "Selain menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Euro, Cristiano Ronaldo kini memegang rekor assist terbanyak di kompetisi sepak bola Eropa tersebut sejak 1968," tulis Opta.

BACA JUGA: Hasil Turki vs Portugal EURO 2024 Skor 0-3

Ronaldo memegang rekor top skor sepanjang masa Euro dengan torehan 14 gol. Kini catatan itu dilengkapi dengan delapan assist atas nama Ronaldo. Tak cukup sampai di situ, Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang tampil dalam enam edisi berbeda turnamen Euro.

Pemain Al Nassr itu debut di Euro 2004 dan hingga kini tak pernah absen dalam gelaran antarnegara Eropa tersebut. Ronaldo juga membawa Portugal menjadi juara Euro 2016.

Kini Portugal sudah memastikan tiket ke babak 16 besar Euro 2024. Mengoleksi dua kemenangan beruntun, Portugal dipastikan menjadi juara Grup F dengan satu laga tersisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Debat Perdana Capres Amerika Serikat, Trump Manfaatkan Kesalahan Biden

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement