Advertisement

Resmi! Southgate Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Inggris

Arief Junianto
Selasa, 16 Juli 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Resmi! Southgate Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Inggris Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gagal membawa Timnas Inggris meraih juara Euro 2024, Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate akhirnya mengundurkan diri. Di laga Final Euro 2024, Inggris dikalahkan oleh Spanyol dengan skor 1-2.

Kabar pengunduran diri Southgate tersebut dibenarkan oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA) pada Selasa (16/7/2024). "Sebagai orang Inggris, sebuah kebanggaan bisa bermain dan pada akhirnya melatih Timnas Inggris. Tetapi sudah waktunya perubahan, dan sebuah babak baru," kata Southgate di situs resmi FA.

Advertisement

"Laga final di Berlin melawan Spanyol adalah yang terakhir bagi saya sebagai pelatih Inggris. Saya mendapatkan keistimewaan untuk bisa memimpin para pemain dalam 102 pertandingan," kata dia.

Southgate ditunjuk sebagai pelatih Inggris pada 2016 silam, pada saat itu dia menggantikan Sam Allardyce yang mundur dari jabatannya. Sejak itu, Southgate berhasil membawa negaranya mencapai semifinal Piala Dunia 2018 di Russia, final Euro 2020 (diundur menjadi 2021), dan perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar sebelum pada akhirnya lolos final Euro 2024 di Jerman.

Sejauh ini FA masih belum menunjuk pengganti Gareth Southgate sebagai manajer baru Timnas Inggris. Dalam beberapa hari ke depan mereka akan mengumumkan apakah mereka akan menggunakan caretaker atau menunjuk pelatih baru.

Pertandingan Final Euro 2024, Spanyol vs Inggris Timnas Spanyol menyegel gelar Euro 2024 setelah mengalahkan Timnas Inggris pada partai final edisi 2024 dengan skor 2-1 di Stadion Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. 

BACA JUGA: Inggris Dikritik karena Permainan yang Membosankan

Pada pertandingan ini, kemenangan Spanyol hadir berkat gol-gol yang diciptakan Nico Williams dan Mikel Oyarzabal, sedangkan Inggris sempat menyamakan kedudukan melalui Cole Palmer.  

Ini merupakan gelar Euro keempat bagi Spanyol setelah sebelumnya dapat mereka menangkan pada edisi 1964, 2008 dan 2012, sekaligus menjadi pemegang Euro terbanyak sepanjang sejarah, melewati Jerman yang memiliki tiga gelar.

Sementara itu, hasil ini membuat Inggris harus merasakan kegagalan kedua di partai puncak Euro secara beruntun, setelah pada edisi sebelumnya dikalahkan Italia lewat drama tendangan adu penalti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement