Advertisement

Jadi Bulan-bulanan Warganet, Petinju Aljazair Imane Khelif Akhirnya Ditegaskan sebagai Perempuan

Restu Wahyuning Asih
Minggu, 04 Agustus 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Jadi Bulan-bulanan Warganet, Petinju Aljazair Imane Khelif Akhirnya Ditegaskan sebagai Perempuan Petinju transgender yang berasal dari Aljazair, Imane Khelif (kanan) memaksa petinju asal Italia Angela Carini (kiri) mundur dari Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (1/8/2024). Ist - olimpiadeparis2024

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sempat menuai kontroversi akibat diduga transgender, Imane Khelif akhirnya dipastikan berjenis kelamin perempuan. Hal itu disampaikan oleh pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Juru Bicara IOC, Mark Adams menegaskan tidak ada kasus transgender dalam riwayat Khelif. "Dia terlahir sebagai perempuan, terdaftar sebagai perempuan, hidup sebagai perempuan, bertinju sebagai perempuan, dan memiliki paspor sebagai perempuan. Ini bukan kasus transgender.  Ada beberapa kebingungan yang terjadi adalah laki-laki berkelahi dengan perempuan. Ini tidak benar," kata Adams, dikutip dari BBC.

Advertisement

Akibat kontroversi ini, petinju Italia Carini akhirnya meminta maaf dan mengatakan akan menghormati keputusan IOC. "Saya meminta maaf untuk lawan saya. Bila IOC menyatakan dia bisa bertanding, saya menghormati keputusan itu," kata Carini.

Diketahui, kontroversi gender Imane Khelif muncul setelah lawannya yang berasal dari Italia, Angela Carini menyerah setelah baru saja main. Di babak 16 besar, Carini merasa tak sanggup melawan Khelif. Khelif pun disebut harus mundur karena dituding sebagai petinju transgender.

BACA JUGA: Hebohkan Publik karena Diduga Transgender, Petinju Aljazair Kian Dekat dengan Medali Emas Olimpiade

Imane Khelif pun kini memastikan medali Olimpiade 2024 dari cabang tinju wanita 66 kilogram setelah menang melawan Anna Luca Hamori dari Hungaria di perempatfinal Olimpiade 2024 pada Minggu (4/8/2024) dini hari WIB. Setelah pertandingan, dia mengatakan bahwa ia adalah wanita tulen.

"Saya ingin katakan kepada seluruh dunia bahwa saya wanita, dan saya akan tetap seorang wanita," ucapnya dengan tegas, seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dirjen Anggaran Kemenkeu Terkait Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Kukar

News
| Selasa, 22 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement