Advertisement

Portugal vs Uruguay: Seorang Pria Masuk ke Lapangan, Sampaikan Pesan soal Ukraina hingga Iran

ST22
Selasa, 29 November 2022 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Portugal vs Uruguay: Seorang Pria Masuk ke Lapangan, Sampaikan Pesan soal Ukraina hingga Iran Mario Ferri dibawa keluar lapangan oleh petugas keamanan - Getty Images

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Duel Portugal vs Uruguay terhenti sejenak pada menit ke-50 saat tiba-tiba seorang penonton pria masuk ke lapangan mengenakan kaus biru bertuliskan "Save Ukraine" di bagian depan dengan simbol Superman, "Respect for Iranian Woman" di bagian belakang, dan bendera pelangi bertuliskan "PACE" berarti damai di tangannya. 

Seisi stadion Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari yang semula fokus dengan duel Cristiano dkk dan Diego dkk sejenak teralihkan dengan aksi dari pria yang diketahui bernama Mario Ferri. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Aksi Mario pun tak berlangsung lama, sesaat dia masuk ke lapangan petugas keamanan langsung mengejarnya dan berhasil ditangkap kemudian langsung diseret keluar lapangan. 

Kemunculan singkatnya itu menyampaikan tiga pesan sekaligus pertama "Save Ukraine" berkaitan dengan perang Rusia dan Ukraina yang berlangsung sejak Februari silam, kini Ukraina dalam kegelapan tanpa listrik sebab  Rusia menyerang sumber listrik Ukraina. 

"Respect for Iranian Woman" bentuk protes akibat diskriminasi yang didapatkan para wanita di Iran dan bendera pelangi atau pride flag yang merupakan simbol dukungan bagi kaum  LGBTQ yang menjadi korban diskriminasi.

Aksi yang dilakukan Mario ini dikenal sebagai "Pitch Invader" atau penyerbu lapangan. Terdapat dua alasan dari penyerbu lapangan, yakni untuk menemui pemain idolanya atau untuk melakukan protes seperti yang dilakukan Mario. 

Ternyata Mario ialah pemain sepak bola berkebangsaan Italia dan aksi ini bukan yang pertama kali baginya. Sejak tahun 2010 silam ia pernah menginvasi Final Piala Dunia Klub 2010 antara Inter Milan dan TP Mazembe di Abu Dhabi. 

BACA JUGA: Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Asli Buatan Indonesia

Begitu juga di laga Belgia vs AS pada Piala Dunia 2014, Napoli vs Juventus pada 2017. Dalam setiap aksinya ia selalu menggunakan kaus biru dengan simbol Superman di bagian depan lalu dihiasi tulisan bentuk protes yang dia inginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rituxikal, Obat Kanker Asli Buatan Indonesia Kini Resmi Kantongi Izin Edar BPOM

News
| Senin, 30 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Pantai Nglambor, Surganya Biota Laut Gunungkidul

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement