Advertisement

Shin Tae-yong Tegaskan Tak Akan Berpisah dengan Timnas Indonesia

ST22
Senin, 16 Januari 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Shin Tae-yong Tegaskan Tak Akan Berpisah dengan Timnas Indonesia Shin Tae-yong. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong mengumumkan masa depannya kepada media Korea Selatan, Naver. Shin mengatakan dirinya takkan berpisah dari Timnas Indonesia.

Masa depan Shin Tae-yong di timnas Indonesia memang menjadi teka-teki setelah gagal memenuhi target juara Piala AFF 2022.

Advertisement

PSSI bakal mengevaluasi terhadap kinerja Shin Tae-yong untuk memutuskan apakah akan melanjutkan kerja sama atau tidak. Kontrak Shin dengan PSSI untuk membesut Timnas Indonesia sejatinya baru akan berakhir pada Desember 2023.

Kepada media Korea Selatan, Naver, Shin mengumumkan masa depannya di Tim Garuda. Pelatih asal Negeri Ginseng itu menjawab dengan tegas bahwa dirinya akan terus melatih timnas Indonesia. 

"Indonesia dan saya takkan berpisah. Indonesia merupakan negara luar biasa. Saya tidak pernah mendengar nama pelatih diteriakkan dalam pertandingan sepakbola. Fan Timnas Indonesia selalu meneriakkan nama saya, baik saat saya masuk maupun keluar stadion," kata Shin Tae-yong.

Dia mengaku saat ini tengah menjalani liburan sebelum memulai persiapan Piala Dunia U-20 2023 pada 1 Februari mendatang.

BACA JUGA: Indra Sjafri Bicara Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Pelatih 51 tahun itu mendapat target untuk membawa timnas U-20 Indonesia berbicara banyak di turnamen tersebut. Apalagi, Indonesia berstatus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. "Ini [Piala Dunia U-20] merupakan turnamen di mana Marselino Ferdinan [lahir 2004] yang mengenakan nomor punggung 6 di Piala AFF 2022, akan berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan tersebut," ucap Shin Tae-yong.

Sejak dikontrak PSSI pada 2019, Shin memang tak hanya mengurus timnas Indonesia level senior saja. Mantan pelatih Seongnam Ilhwa itu juga menukangi timnas U-23 dan U-20 Indonesia.

Di bawah arahan Shin, Timnas Indonesia senior bisa menembus Piala Asia 2023. Pun demikian dengan timnas U-20 yang akan tampil di Piala Asia dan Piala Dunia U-20.

Meski belum menghadirkan gelar juara, Shin dinilai membawa perubahan positif. Tim Garuda juga mengalami peningkatan ranking FIFA dari 179 menjadi 151.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement