Advertisement

Berkas 61 Bakal Calon Exco Lengkap Termasuk Lima Bakal Ketua Umum

Newswire
Jum'at, 20 Januari 2023 - 05:47 WIB
Jumali
Berkas 61 Bakal Calon Exco Lengkap Termasuk Lima Bakal Ketua Umum PSSI - PSSI.Org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhannudin mengatakan, berkas 61 bakal calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dengan rincian lima (semua) bakal ketua umum, 15 wakil ketua umum dan 41 anggota Exco periode 2023-2027, dinyatakan lengkap.

BACA JUGA: Rekam Jejak Calon Ketua PSSI Erick Thohir

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kami melihat, dari angkanya, mayoritas sudah melengkapi dokumen. Tinggal sedikit saja yang belum. Ini bukti keseriusan para calon untuk ikuti kontestasi Kongres Luar Biasa PSSI," ujar Amir di GBK Arena, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Amir melanjutkan, di luar status lengkap, KP menetapkan dua kategori lain terkait dokumen persyaratan, yakni pertama, perlu dikonfirmasi untuk melengkapi karena dokumennya kurang dan, kedua, tidak perlu dikonfirmasi karena beberapa hal seperti sudah menyatakan tidak akan maju serta tidak memberikan lembar kesediaan untuk dicalonkan.

Untuk kategori pertama, ada satu orang di bakal calon wakil ketua umum PSSI dan 13 untuk bakal calon anggota Exco.

Sebagian besar kekurangan dokumen yang belum disampaikan meliputi kartu identitas diri, SKCK, surat keterangan tidak pernah di pidana dari pengadilan.

Sementara di kategori kedua, ada empat orang di bursa wakil ketua umum dan 29 orang di persaingan untuk Exco.

Amir tidak mau memberitahukan siapa saja sosok-sosok yang perlu dikonfirmasi atau tidak dikonfirmasi itu. Namun, dia menyebut ada nama Wakil Ketua Umum PSSI 2019-2023 Iwan Budianto di bakal calon wakil ketua umum, lalu Ratu Tisha di bakal calon anggota Exco.

"Pak Iwan Budianto secara tegas sudah menyatakan tidak akan maju. Kemudian Ibu Ratu Tisha juga tidak bersedia jadi anggota Exco dan hanya mau dicalonkan jadi wakil ketua umum. Ya sudah berarti kami tidak memberitahukan kekurangan dokumennya dia sebagai bakal calon Exco. Saya sendiri juga dicalonkan jadi anggota Exco oleh anggota, tetapi karena saya tidak bersedia maka Komite Pemilihan pasti tidak akan mengonfirmasi saya," tutur Amir.

Selanjutnya, untuk para bakal calon yang dokumennya masih kurang, KP menunggu mereka melengkapi semuanya sampai 21 Januari 2023.

Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI.

Berikutnya, pada 1-3 Februari 2023, para bakal calon dan anggota PSSI pengusung yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon sementara dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI.

Ketika proses tersebut tuntas, maka KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Para calon tetap inilah yang akan mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 16 Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1 Anak Pasien Gagal Ginjal Dirawat di Solo

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement