Advertisement

Vladimir Putin Dukung Sambo Diperingati Secara Nasional

Hesti Puji Lestari
Kamis, 26 Januari 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Vladimir Putin Dukung Sambo Diperingati Secara Nasional Vladimir Putin - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Masyarakat Indonesia belakangan sangat akrab dengan kata Sambo gara-gara pembunuhan yang diotaki Ferdy Sambo. Jauh di Rusia, Presiden Vladimir Putin resmi menetapkan Hari Sambo Nasional.

Ferdy Sambo, mantan polisi yang pangkat terakhirnya jenderal bintang dua ini terlibat kasus pembunuhan anak buahnya, Brigadir J. Rabu (25/1/2023), Sambo membacakan nota pembelaan. Sambo yang sebelumnya divonis penjara seumur hidup meminta dibebaskan dan dipulihkan kembali nama baiknya.

Advertisement

Lain di Indonesia lain pula di Rusia. Vladimir Putin mendukung Sambo dirayakan di seantero negeri. Namun ini tak ada kaitannya dengan Ferdy Sambo yang terlibat kasus pembunuhan di Indonesia.

BACA JUGA: Cahaya Misterius Gunung Merapi Terekam CCTV, Begini Kesaksian Warga dan Keterangan BPPTKG

Dilansir dari New Izv Rusia, Presiden Rusia, Vladimir Putin, resmi menetapkan tanggal 16 November sebagai Hari Sambo Nasional. Sambo adalah cabang olahraga yang lumayan populer di Rusia.

Kata Sambo kadang ditulis dengan huruf besar "SAMBO" dan merupakan akronim dari САМооборона Без Оружия (SAMooborona Bez Oruzhiya), artinya "bela diri tanpa senjata". Sambo didasarkan dari gulat tradisional Armenia, Georgia, Moldova, Uzbekistan, Mongolia, dan Azerbaijan.

Olahraga sambo sangat penting di Rusia dan negara-negara bekas Soviet lainnya karena sudah dikembangkan sejak tahun 1930-an. Ini merupakan seni bela diri yang mirip dengan gulat dan judo digunakan sebagai pertahanan diri.

BACA JUGA: Video Youtube Pertemukan Kembali Orang yang Kabur ke Pasar Kepek Bantul Selama 25 Tahun karena Takut Disunat, Ini Kronologinya

Olahraga sambo sempat tak dianggap sampai Putin kembali mengangkat popularitasnya. Putin juga memasukkan sambo ke dalam daftar olahraga yang harus dilestarikan di Rusia.

Presiden Rusia tersebut kemudian menetapkan 16 November sebagai Hari Sambo karena Dewan Olahraga Uni Soviet memasukkan sambo ke dalam daftar olahraga yang diakui di negara tersebut. Presiden Federasi Sambo Internasional (FIAS) Vasily Shestakov mengatakan dia berharap langkah Rusia untuk Hari Sambo akan berlanjut di negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Singkat Tanri Abeng, Mantan Menteri BUMN yang Dinilai Erick Thohir Berjasa Besar bagi Indonesia

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement