Advertisement

Dikalahkan Irak U-20, Shin Tae-yong Sorot Ketimpangan Skuat Inti dan Cadangan

Jumali
Kamis, 02 Maret 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Dikalahkan Irak U-20, Shin Tae-yong Sorot Ketimpangan Skuat Inti dan Cadangan Timnas U-20 Indonesia vs Irak U-20 - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong menyoroti perbedaan kualitas antara skuat inti dan cadangan saat timnya dibekuk 0-2 oleh 10 pemain Irak U-20 di Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Rabu (1/3/2023) malam. Pada laga tersebut, Shin Tae-yong melakukan lima pergantian pemain, empat di antaranya di babak kedua.

BACA JUGA: Jelang Bentrok Lawan Indonesia, Irak U-20 Sampaikan Target Juara Piala Asia

Advertisement

“Ada jurang antara starting eleven dan pemain pengganti, karena memperlihatkan performa yang berbeda. Hal itu juga yang perlu kami perbaiki untuk laga selanjutnya,” kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (2/3/2023).

Irak harus bermain dengan 10 pemain sejak akhir babak pertama setelah Charbel Shamoon mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran terhadap Arkhan Fikri.

Namun, keunggulan jumlah pemain di babak kedua tidak berhasil dimanfaatkan Indonesia. Dua gol kemenangan Irak dicetak oleh Hayder Abdulkareem pada menit ke-28 dan Mohammed Jameel pada menit ke-90+6

"Kami tidak bisa mencetak gol, meski mendapat banyak peluang. Ini hal yang harus kami perbaiki, dan tentu saja ini terkait kemampuan pemain. Di babak kedua kami unggul jumlah pemain, mungkin kami harus meningkatkan pola permainan kami,” lanjut Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan ini tidak mengerti tim besutannya masih tidak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk membalikkan keadaan.

"Kami bermain bagus di babak pertama, tapi saya masih belum tahu mengapa kami tidak bisa bermain lebih baik lagi saat unggul jumlah pemain. Sebagai pelatih, saya akan evaluasi tim dan akan berbicara dengan tim,” beber Shin Tae-yong.

"Memang cuaca di Indonesia lebih panas dibandingkan di sini. Tapi saya pikir itu tidak bisa dijadikan alasan atas kekalahan ini. Hal paling utama dari kekalahan ini adalah kami kehilangan konsentrasi,” jelas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-20 saat ini menghuni posisi terakhir Grup A dengan nol poin, sama dengan tim Suriah yang juga takluk 0-2 dari Uzbekistan pada laga pertamanya. Dua posisi teratas dihuni oleh Irak dan tuan rumah Uzbekistan.

Anak-anak asuh pelatih Shin hanya memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan diri, sebelum pada Sabtu (4/3/2023) memainkan pertandingan kedua fase grup dengan menghadapi Suriah di tempat yang sama. Garuda Muda akan menyelesaikan fase grup dengan bertemu Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, pada Selasa (7/3/2023) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Aliran Dana ke Tersangka Kasus Timah Masih Ditutup Kejagung, Ini Alasannya

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement