Advertisement

Asprov PSSI DIY Bakal Gelar Kongres Pemilihan Ketua Umum di Bulan Mei

Sunartono
Jum'at, 03 Maret 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
Asprov PSSI DIY Bakal Gelar Kongres Pemilihan Ketua Umum di Bulan Mei Pengurus Asprov PSSI DIY periode 2019-2023 berfoto bersama, Kamis (2/3/2023). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asprov PSSI DIY akan menggelar Kongres Biasa pada Mei 2023 mendatang untuk memilih Ketua Umum dan Pengurus baru seiring telah berakhirnya masa kepengurusan periode 2019-2023.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Syauqi Soeratno menjelaskan kongres biasa rencananya akan digelar pada 6 Mei 2023 mendatang dengan berbagai pertimbangan. Penetapan waktu kongres itu sepenuhnya telah mendapatkan rekomendasi dari induk organisasi, dalam hal ini PSSI pusat.  

Advertisement

“Mengapa tanggal 6 Mei? Kami dulu terbentuk pada 24 Maret [2019], mau menggelar tanggal itu masih dalam suasana Ramadan kami harus menghormati. Sempat mencoba di tanggal turunnya SK masih Ramadan juga karena di awal April. Akhirnya kami putuskan setelah Ramadan,” katanya, Kamis (2/3/2023).

BACA JUGA : Asprov PSSI DIY Minta Kejelasan Soal Penundaan Jadwal 

Selanjutnya terkait dengan persyaratan dan tahapan pemilihan sepenuhnya menjadi kewenangan Komite Pemilihan yang juga telah dibentuk dengan Komite Banding dalam kongres biasa pada Juli 2022 di Gunungkidul. “Soal tahapan dan seterusnya ini berada di Komite Pemilihan yang sudah dibentuk dan di dalamnya tidak ada pengurus lama,” ujar Sekretaris Asprov PSSI DIY Armando Pribadi.

Adapun sejumlah nama yang telah diputuskan sebagai Komite Pemilihan sesuai dengan Keputusan Kongres Biasa Nomor 10/KEP/KB-PSSIDIY/VII-2022 antara lain Muchtar Zuhdi, Rudy Wijanarko, Muhammad Yazid, Siswadi Gancis. Kemudian untuk Komite Banding Pemilihan ada nama Syukron Arif Muttaqin, Arinto Hendro Budiantoro, Mukhlasir R.S Khitam dan Zaki Sirrad.

“Jumlah anggota dan voters saat ini ada 27, itu termasuk lima Askab dan Askot. Untuk pra kongres akan dilanjutkan kedua komite yang sudah terbentuk ini. Tentunya setiap yang memenuhi persyaratan atau kriteria itu memiliki peluang untuk menjadi yang dipilih,” kata Wakil Ketua Umum PSSI DIY Wahyudi Kurniawan.

Para pengurus Asprov PSSI DIY periode 2019-2023 ini memastikan selama empat tahun roda organisasi dijalankan secara umum berjalan lancar. Baik kompetisi maupun edukasi secara umum berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19 meski dengan berbagai persyaratan yang cukup rumit dalam setiap kegiatan.  Begitu juga dengan jumlah lapangan sepak bola yang terus meningkat selama empat tahun terakhir.

BACA JUGA : Final Liga 3 DIY Ricuh, Asprov PSSI DIY Akan Tegakkan

“Di tengah situasi Asprov yang saat itu baru [dari hasil KLB 2019] terbentuk, kami langsung muter untuk pra pon dan lain-lain. Development footballer juga jalan semua, kemudian penerapan keputusan untuk mensikronisasi pembinaan Asprov di askab mulai jalan. Termasuk Menyusun daftar SSB terafilisasi dengan PSSI juga jalan, AFC Grassroot Footbal Day sampai untuk coach liaison sport jalan, ya biar publik yang menilai,” kata Syauqi Soeratno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement