Advertisement

Gol Spektakuler Bustos Bawa Super Elja Terbang Jauhi Zona Degradasi

Catur Dwi Janati
Sabtu, 09 Desember 2023 - 05:47 WIB
Ujang Hasanudin
Gol Spektakuler Bustos Bawa Super Elja Terbang Jauhi Zona Degradasi Potret pemain PSS Sleman saat menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (8/12/2023). - Istimewa // PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman sukses membawa tiga poin di kandang usai menumbangkan RANS Nusantara FC dengan skor tipis 1-0 dalam putaran ke-22 BRI Liga 1-2023/24. 

Satu gol spektakuler Jonathan Ezequeil Bustos di tambahan waktu babak pertama, membawa Super Elang Jawa terbang menjauhi zona degradasi. Bermain impresif sejak awal laga, PSS Sleman sejatinya membuat banyak peluang. Apalagi penyerang Sudan Selatan, Ajak Riak kali ini jadi pilihan Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic untuk merumput sejak awal laga. Meski sukses menambah daya gedor, tak ada gol yang berhasil diciptakan dari skema permainan. 

Advertisement

Kebuntuan PSS justru pecah dari skema set piece bola mati. Melihat jarak titik free kick yang diambil cukup berbahaya, RANS tak hanya membariskan pemainnya untuk membuat pagar hidup. Satu pemainnya bahkan disiagakan berbaring di balik pagar hidup untuk mengantisipasi kalau-kalau tendangan bebas diarahkan ke gawang lewat jalur bawah. 

Namun Jonathan Bustos yang mengeksekusi tendangan bebas pada menit 45+3 tak kalah bersih. Pemain bernomor punggung 32 itu justru melepaskan tembakan atas melengkung ke pojok kiri penjaga gawang RANS Nusantara FC. Bola sontekan Bustos gagal dihalau kiper RANS Nusantara FC, Hilman Syah. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, RANS seperti tidak ingin pulang tanpa poin. Mereka meningkatkan tensi serangan hingga menghasilkan sejumlah peluang yang membahayakan gawang PSS. Namun hingga pertandingan usai, gol semata wayang Bustos mengantar Super Elja meraih tiga poin pada laga ini. 

BACA JUGA: PSS vs RANS Nusantara FC, Super Elja Bidik Tiga Poin

Kendati meraih hasil kemenangan, permainan PSS bukan tanpa catatan di mata Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic. Pelatih berpasir Spanyol itu menilai permainan babak pertama dan babak kedua yang dilakoni anak asuhnya jauh berbeda. Di 45 menit pertama, timnya kata Risto bermain bagus bagus dan seharusnya bisa mencetak lebih dari satu gol. 

"Kita punya dua bagian berbeda di pertandingan hari ini. Di babak pertama saya pikir kita bisa 3-0. Kita banyak kehilangan peluang. Kita punya tiga atau empat [momentum] yang berhadapan dengan kiper seharusnya gol akan tetapi itulah sepak bola," kata Risto usai laga pada Jumat (8/12/2023).

Di babak kedua Risto menilai anak asuhnya mengalami sedikit kesulitan untuk menerapkan permainan. Tim lawan lanjut Risto banyak memberikan serangan di babak kedua. Akan tetapi terlepas dari catatan babak kedua ini, Risto menyanjung para penggawa PSS Sleman yang telah berjuang untuk tim. 

"Saya pikir di babak kedua mereka memberikan banyak tenaga di penyerangan, pemain baru juga. Kita kesulitan sedikit di babak kedua tapi saya pikir tim sudah berjuang dengan bagus. Sekali lagi kami layak menang," tandasnya. 

Meski menang tipis dengan skor 1-0, kemenangan ini menambah pundi-pundi poin PSS Sleman di liga. Tambahan tiga poin membuat PSS kini bertengger di posisi 12 klasemen dengan torehan 26 poin. Sementara kegagalan meraih poin di Stadion Maguwoharjo membuat RANS Nusantara FC tertahan di posisi lima klasemen dengan total koleksi 32 poin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement