Advertisement

Kampiun di Liga 3 DIY, Persiba Bantul Lolos ke Putaran Nasional

Yosef Leon
Selasa, 26 Desember 2023 - 21:27 WIB
Sunartono
Kampiun di Liga 3 DIY, Persiba Bantul Lolos ke Putaran Nasional Sejumlah pemain dan ofisial Persiba Bantul merayakan kemenangan timnya sebagai juara Liga 3 DIY setelah mengalahkan PS HW UMY pada Selasa (26/12/2023) di Stadion Sultan Agung Bantul. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Persiba Bantul keluar sebagai pemenang setelah sukses mengandaskan PS HW UMY dalam gelaran final Liga 3 DIY yang digelar di Stadion Sultan Agung pada Selasa (26/12/2023). Kemenangan Laskar Sultan Agung itu sekaligus mengantarkan mereka ke Liga 3 putaran nasional pada tahun mendatang. 

Jalannya pertandingan berjalan sengit dan kejar mengejar gol. Persiba sempat tertinggal dua kali di babak pertama dan babak kedua dengan selisih dua gol, tetapi pemain mampu menyamakan kedudukan sampai 90 menit waktu normal dengan skor 4-4. 

Advertisement

Kemudian di babak tambahan waktu, kedua tim bermain sama kuat sehingga harus dilanjutkan ke babak penalti. Persiba akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor keseluruhan 7-8 dengan gol do 90 menit diciptakan oleh Dwi Pilihanto Nugroho dua gol, Zulhilmi dan M. Diki Setiawan untuk PS HW UMY. Sementara dari Persiba dicetak oleh Galih dengan dua gol, Adi Irawan dan Aldito. 

BACA JUGA : Gelar Uji Tanding, PSS Sleman Tumbangkan Persiba Bantul Dengan Skor 5-0

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Dessy Arfianto mengatakan, pihaknya bersyukur gelaran Liga 3 DIY sejak awal sampai akhir berjalan lancar. "Kami menyadari banyak kekurangan dan harus sinkron dengan banyak pihak, tetapi kita bisa dapat juara yakni Persiba sekaligus berhak maju ke putaran nasional," katanya. 

Dessy menerangkan, pada musim ini DIY hanya dijatah satu klub untuk maju ke Liga 3 putaran nasional. Beda dengan tahun sebelumnya yang mendapat kuota sebanyak dua tim. "Karena jumlah tim yang lolos ditentukan oleh kepesertaan dan koefisien. Secara hitungan awal satu yang lolos, secara normal kan kita 12 peserta sementara kita pesertanya 11," kata dia. 

Adapun putaran nasional akan berlangsung setelah Lebaran 2024 atau April mendatang dengan jumlah klub sebanyak 80. Itu adalah akumulasi dari putaran nasional tahun lalu ditambah perwakilan klub di tahun ini. 

"Kita terkendala dengan kuantitas pertandingan karena minimnya peserta, juga dari segi waktu karena di Januari kita kan harus segera selesai. Ini jadi evaluasi kami untuk gelaran kompetisi selanjutnya," katanya.

Pelatih Persiba Bantul Endro Bawono menerangkan, dirinya berterima kasih kepada semua pemain dan ofisial yang telah berjuang bersama selama awal kompetisi dan berhasil mencapai puncak sebagai kampiun Liga 3 DIY. "Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada pemain dan semua pihak yang sudah selama ini dukung kita sehingga bisa sejauh ini," ujarnya. 

BACA JUGA : Kejutan Susunan Pemain PSS VS Persik Kediri, Debut Pelatih Belgia di Tanah Sembada

Endro menambahkan, untuk putaran nasional mendatang pihaknya akan melaporkan hasil yang diperoleh ini ke manajemen sekaligus melakukan evaluasi dan tambahan pemain. "Untuk perubahan pemain pasti kita sudah sebar talent scouting dan sudah ada 5 pemain yang dihubungi. Semua lini akan kita evaluasi dari belakang sampai depan. Slot lima itu akan kita maksimalkan," jelas dia. 

Sementara pelatih PS HW UMY Nopendi menyebut, di laga ini pertandingan berjalan menarik dan banyak menguras energi pemainnya. "Semoga kita bisa melanjutkan ke putaran nasional. Ini perjuangan semua pemain bisa jadi runner up. Kita persiapan lagi ke depan untuk putaran nasional kalau bisa DIY mendapatkan dua kuota tim," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement