Advertisement

Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 20 April 2024 - 08:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Seorang Nenek Pecahkan Rekor Dunia Plank Terlama di Usia 58 Tahun Perempuan berusia 58 tahun bernama DonnaJean Wilde berhasil mencetak Rekor Dunia Guinness sebagai pemegang plank terlama untuk wanita. - Guinness World Records

Advertisement

Harianjogja.com, EDMONTON—DonnaJean Wilde berhasil mencetak Rekor Dunia Guinness sebagai pemegang plank terlama untuk wanita dengan waktu 4 jam, 30 menit dan 11 detik.

Dilansir dari People, perempuan asal Alberta, Kanada itu memecahkan rekor dunia Guinness baru untuk gelar plank terlama untuk wanita dengan waktu 4 jam, 30 menit dan 11 detik pada 27 Maret lalu.

Advertisement

Yang membuat gelar itu lebih istimewa, Wilde memperoleh capaian itu pada usia 58 tahun. Ibu dari lima anak sekaligus nenek dari 12 anak itu merasakan perasaan “luar biasa” bisa memecahkan rekor dunia baru setelah melakukan latihan plank selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Visa Umrah Kini Tidak Boleh Buat Piknik, Ini Aturan Barunya

“Saya sebenarnya masih tidak percaya. Rasanya seperti mimpi,” ujarnya dikutip dari People, Jumat (19/4/2024).

Rekor plank Wilde ini lebih lama 10 menit dari rekor sebelumnya, yaitu milik Dana Glowacka yang juga berasal dari Kanada.

Menurut Guinness, perjalanan planking Wilde dimulai sejak 12 tahun yang lalu ketika pergelangan tangannya patah dan menyadari bahwa latihan tersebut adalah salah satu latihan yang dapat dia lakukan dalam rutinitas sehari-hari dengan mengenakan gips. 

“Saya menyadari bahwa saya bisa membaca dan melakukan berbagai hal ketika saya sedang melakukan plank dan saya jatuh cinta padanya,” kenangnya.

BACA JUGA: India Punya Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Muat 235 Orang Sekaligus

Untuk mempersiapkan pemecahan rekor tersebut, Wilde dilaporkan berlatih selama lima hingga enam jam setiap hari, dibagi menjadi dua hingga tiga jam tiap sesi.

Wilde mengatakan kepada Guinness bahwa selama 30 menit terakhir, dia fokus untuk bernapas, tetap tenang, dan tidak gemetar. “Satu jam terakhir adalah yang paling menantang, hanya untuk tetap fokus dan menjaga performa saya,” akunya.

Agar berhasil mencapai rekor tersebut, Wilde mengungkapkan bahwa lengan dan jari kaki harus selalu menyentuh tanah. Sisa tubuh harus diangkat dari tanah dan dijaga tetap lurus.

Jika gelar wanita kini dipegang oleh Wilde, maka gelar laki-laki masih disandang oleh Josef Šálek , 53 tahun, dari Ceko. Pria itu memecahkan rekor plank terlama pada Mei 2023, yaitu selama 9 jam, 38 menit, dan 47 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : People

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement