Advertisement

Hasil Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 Piala Asia 2024: Skor 0-2, Gagal Melaju ke Final Skuad Garuda Masih Ada Harapan ke Olimpiade Paris

Sunartono
Selasa, 30 April 2024 - 01:27 WIB
Sunartono
Hasil Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 Piala Asia 2024: Skor 0-2, Gagal Melaju ke Final Skuad Garuda Masih Ada Harapan ke Olimpiade Paris Hasil pertandingan semifinal Piala Asia U-23/2024 antara Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 berakhir dengan skor 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa Qatar, Senin (29/4/2024) malam. Indonesia tertekan dan minim mendapatkan peluang untuk melakukan tembakan ke arah gawang. - AFC.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hasil pertandingan semifinal Piala Asia U-23/2024 antara Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 berakhir dengan skor 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa Qatar, Senin (29/4/2024) malam. Indonesia tertekan dan minim mendapatkan peluang untuk melakukan tembakan ke arah gawang.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final Piala Asia U-23/2024. Meski demikian, Indonesia U-23 masih memiliki kesempatan untuk melaju ke Olimpiade Paris. Pasalnya Indonesia masih memiliki kesempatan untuk bermain memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23/2024. Jika masih gagal, Indonesia U-23 akan menjalani babak playoff dengan melawan Guinea atau perwakilan dari Afrika.

Advertisement

Berdasarkan statistik pertandingan Uzbekistan U-23 sepenuhnya menguasai bola selama dua babak, persentase mencapai 62% dengan tendangan sesuai target sebanyak 4 kali dan tendangan ke arah lawan sebanyak 28 kali dan 460 passing yang 83% akurat.

BACA JUGA : Nobar Lesehan bareng Warga, Sultan Bilang Begini Usai Timnas Kalah di Semifinal Piala Asia U-23

Adapun Indonesia U-23 hanya mampu membukukan penguasaan bola di angka 38% dengan 4 kali tendangan dan belum pernah melakukan tendangan sesuai target ke gawang. Jumlah pasing 298 kali sebanyak 70% akurat. Indonesia U-23 mendominasi pelanggaran sebanyak 18 kali dengan 3 kartu kuning dan 1 kartu merah. Sedangkan Uzbekistan U-23 tercatat 9 kali melakukan pelanggaran dengan 2 kartu kuning.

Sejak awal babak pertama Uzbekistan U-23 terus menekan. Dominasi serangan lebih banyak dari sektor kiri pertahanan Indonesia. Beberapa kali pemain termahal Uzbekistan Abbosbek Fayzullaev melakukan umpan terobosan di lini belakang Indonesia.

Uzbekistan berhasil memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia di menit ke-19, akan tetapi tendangan masih melebar dari mistar gawang Indonesia.

Indonesia U-23 sempat akan mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti bahkan ditengarai akan mendapatkan penalti. Namun berdasarkan pemeriksaan VAR, ternyata sleding yang dilakukan pemain belakang Uzbekistan Abdukodir Khusanov terhadap Witan Sulaiman dinyatakan bersih.

Tekanan dilakukan terus menerus, peluang kembali didapatkan Uzbekistan di menit ke-30 dengan melakukan tendangan keras dari dekat kotak penalti, namun bola membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia masih kesulitan melakukan serangan ke jantung pertahanan Uzbekistan. Nyaris hingga babak pertama berakhir, belum pernah melakukan tendangan sesuai target ke arah gawang. Meski melakukan serangan dua hari dua malam, namun Uzbekistan masih belu mampu menciptakan gol hingga babak pertama berakhir.

Dianulir

Indonesia U-23 sempat mencetak gol di menit ke-63, diawali dari umpan crossing Pratama Arhan dari sektor kanan Uzbekistan kemudian bola diterima Ramadan Sananta di dalam kotak penalti. Terjadi kemelut di area terlarang dan Ferari mendapatkan bola tepat di depan gawang dan langsung menendang.

Meski demikian wasit Shen Yin Hao kemudian menganulir gol tersebut setelah mendapatkan rekomendasi dari wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-Udom. Gol ini sempat membuat gemuruh seluruh isi stadion yang didominasi suporter Timnas Indonesia.

Nasib Indonesia U-23 semakin tertekan setelah Kapten Timnas U-23 mendaptakan kartu merah di menit ke-84. Dalam tayangan VAR Ridho tendangannya mengenai selangkangan pemain Uzbekistan U-23. Bermain dengan 10 orang, Indonesia semakin tertekan dan terus mendapatkan perlawanan ke jantung pertahanan.

Tepat dua menit setelah Rizky Ridho mendapatkan kartu merah, gawang Indonesia kebobolan. Berawal dari tendangan bebas yang mengarah ke kotak penalti Indonesia, pemain Uzbekistan yang berada di area kotak penalti berhasil menyundul bola namun mengenai mistar gawang.

BACA JUGA : Semifinal Piala Asia 2024, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Hadapi Uzbekistan

Terjadi salah komunikasi antara Ernando Ari dengan Pratama Arhan. Bol pun mengenai Arhan dan masuk ke gawang Indonesia dan dinyatakan sebagai gol bunuh diri di menit ke-86. Skor berubah menjadi 0-2.

Shin Tae-yong sempat memasukkan tiga pemain pengganti sekaligus di babak tambahan waktu sekitar 10 menit. Meski demikian ganasnya pemain Uzbekistan belum mampu mengubah keadaan bagi Indonesia. Skor tetap 0-2 hingga babak kedua berakhir.

Hasil ini mengandaskan mimpi Indonesia U-23 menuju final dan mengantarkan Uzbekistan untuk berpotensi meraih gelar juara Piala Asia U-23/2024 sekaligus memastikan diri mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris. Indonesia masih menjaga asa untuk memperebutkan posisi ketiga yang bisa menjadi bekal untuk menuju Olimpiade Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement