Advertisement

400 Atlet Ikuti Festival Panjat Tebing Anak Nusantara di Sleman

Media Digital
Kamis, 27 Juni 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
400 Atlet Ikuti Festival Panjat Tebing Anak Nusantara di Sleman Sebanyak 400 atlet dari berbagai penjuru tanah air mengikuti Festival Panjat Tebing Anak Nusantara (FAN) II yang digelar Rabu hingga Sabtu (26-29/6) di GOR Fitriyani, Klebengan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. - Ist

Advertisement

SLEMAN—Sebanyak 400 atlet dari berbagai penjuru tanah air mengikuti Festival Panjat Tebing Anak Nusantara (FAN) II yang digelar Rabu hingga Sabtu (26-29/6) di GOR Fitriyani, Klebengan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para atlet ini berasal dari 68 klub yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Makasar, Kalimantan Tengah, Palembang, Medan dan kota-kota lain di pulau Jawa. Mereka terbagi ke dalam empat kelompok umur: Youth B (14-15 tahun), Youth C (12-13 tahun), Youth D (10-11 tahun), serta Under 10 (6-9 tahun), baik putra maupun putri.

Advertisement

Memperebutkan hadiah total Rp 53 juta, para atlet akan beradu cepat di nomor 'speed classic' dan berlomba mencapai 'top poin' di nomor lead. Ada pun nomor boulder yang pada FAN I di tahun 2022 dilombakan, kali ini ditiadakan.

BACA JUGA: 124 Atlet Tenis Meja Berlaga di Ajang Kejurkab Sleman 2024

Ketua Panitia FAN Fitriyani menyebut, meski nomor boulder ditiadakan, namun antusiasme kali ini jauh melebihi FAN I yang pesertanya mencapai 350 atlet. "Kita bahkan terpaksa menolak 140 atlet yang ingin ikut tapi terlambat mendaftar," imbuh Fitriyani.

Diinisiasi oleh para orang tua atlet klub Nusantara Sport Climbing (NSC) Sleman, FAN bukan saja sebuah lomba, tapi, juga ruang berbagi sesama orang tua atlet dan pelatih.

"Setiap even FAN selalu ada 'sharing session'. Kali ini ada nutrisionis dan psikolog yang akan berbagi pengetahuan dengan para orang tua atlet," terang Fitriyani.

Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) mengapresiasi gelaran FAN dengan memasukkan FAN II sebagai even resmi berperingkat nasional. Setiap atlet yang naik podium akan mendapatkan poin untuk mendongkrak posisinya di peringkat nasional. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Keluarga Kunci Sukses Membangun Negara

News
| Minggu, 30 Juni 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement