Advertisement

Hasil Belanda vs Rumania Skor Akhir 3-0, Donyell Malen Cetak 2 Gol De Oranje Melaju ke Perempat Final Euro 2024

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 Juli 2024 - 02:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Belanda vs Rumania Skor Akhir 3-0, Donyell Malen Cetak 2 Gol De Oranje Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Selebrasi Donyell Malen setelah mencetak gol kedua untuk Timnas Belanda dalam pertandingan lawan Rumania di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024). X - UEFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Timnas Belanda melibas Rumania dengan skor 3-0 gol tanpa balas dalam laga babak 16 besar Euro 2024, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024) malam WIB.

Torehan ini mengantarkan Belanda melaju ke perempat final Euro 2024. Di perempat final, Belanda akan menghadapi pemenang dari laga babak 16 besar lainnya antara Turki vs Austria.

Advertisement

Trigol anak asuh Ronald Koeman ini masing-masing dilesakkan oleh Cody Gakpo di babak pertama. Adapun dua gol lainnya dipersembahkan oleh Donyell Malen.

Jalannya pertandingan

Timnas Belanda yang sejak awal diunggulkan menang atas Rumania tampil penyerang sejak peluit babak pertama ditiup. Peluang pertama hampir tercipta gol pada menit ke-6 lewat tembakan jarak jauh Xavi Simons namun bola masih bisa diamankan kiper Rumania Florin Nita.

Meski tidak diunggulkan namun Rumania tak patah semangat. Rumania coba membalas serangan Belanda pada menit ke-14 lewat tembakan jarak jauh Dennis Man. Percobaan ini belum membuahkan hasil karena bola masih menjauh dari mistar gawang Belanda.

Memasuki 20 menit pertandingan kedua tim, Belanda kembali mengancam gawang Rumania. Lewat aksi individu Cody Gakpo Balanda mampu mendulang satu gol usai menerima umpan dari Xavi Simons. Cody melesakkan bole ke sudut kiri gawang Rumania.

Meski bola sempat dihalau tangan Nita, namun derasnya bola sepakan penyerang Liverpool ini tetap menjebop gawang Rumania.

Tertinggal satu gol, Rumania mencoba bangun serangan lewat tembakan Lanis Hagi dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih melenceng di sisi kiri gawang Belanda.

Aksi Stefan de Vrij nyaris menggandakan keunggulan Belanda pada menit ke-26. Ia memanfaatkan sepak pojok, bola yang disundul masih melenceng dari target.

Meski Belanda terus menyerang Rumania, hingga babak pertama usai, tidak ada tambahan gol dari kedua tim. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Belanda hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda masih kukuh untuk menyerang Rumania untuk mencetak banyak gol. Koeman pun memasukkan Donyell Malen untuk menggantikan Steven Bergwijn pada menit ke-46.

Pergantian strategi De Oranje ini nyaris membuahkan hasil pada menit ke-58. Sayang, sundulan Virgil van Dijk saat menyambut sepak pojok Memphis Depay belum membuahkan hasil. Bola hanya membentur tiang.

Lima menit kemudian atau dimenit ke-62, Gakpo menciptakan peluang berbahaya untuk Belanda. Gakpo meliuk di daerah pertanahan Rumania, sebelum melesakkan bola di dalam kotak penalti. Berkat kesigapan Nita, bola sepakan Gakpo masih bisa diblok.

Gakpo bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-63 lewat tembakan dari jarak dekat. Sayang, VAR menganulir gol Gakpo karena sang pemain sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

De Orange terus menyerang pertahanan Rumania. Memphis Depay nyaris mencetak gol pada menit ke 68. Namun tembakan bebasnya yang mendatar saat pagar hidup Rumania melompat, masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang.

Terus menerus diserang Belanda, Rumania sibuk mempertahankan diri. Rumania juga kesulitan untuk membongkar pertahanan Belanda.

Peluang emas tercipta pada menit ke 83, De Orange bisa menggandakan keunggulan lewat kerjasama apik Donyell Malen dan Cody Gakpo. Gakpo dengan cerdik mengirim bola ke Malen sebelum menghujam gawang Nita. Skor 2-0 untuk Belanda.

Memasuki masa injury tima, Malen kembali mencatatkan namanya di papan skor. Aksi individu pemanin nomor punggung 18 ini dari tengah lapangan diakhiri dengan cut-inside ke kotak penalti. Nita yang sudah mati langkah hanya bisa melihat bola masuk ke gawangnya.

Belanda menang 3-0 atas Rumania dan lolos ke babak perempat final Euro 2024. Belanda akan menghadapi pemenang laga antara Turki dengan Austria.

Susunan pemain

Rumania (4-1-4-1): Florin Nita, Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Vasile Mogos (Bogdan Racovitan 38'), Marius Marin (Alexandru Cicaldau 72'), Dennis Man, Nicolae Stanciu (Darius Olaru 88'), Razvan Marin, Ianis Hagi (Denis Alibec 72'), Denis Dragus (Valentin Mihail 72').

Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen, Nathan Ake (Micky van de Ven 69'), Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Denzel Dumfries, Tijani Reijnders, Jerdy Schouten (Joey Veerman 69'), Xavi Simons, Cody Gakpo (Wout Weghorst 84'), Memphis Depay (Daley Blind 90+2'), Steven Bergwijn (Donyell Malen 46').

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peneliti SMRC Sebut Kaesang Diunggulkan di DKI dan Jateng

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement