Advertisement

Luar Biasa! Lumat Vietnam 5-0, Indonesia Juara III Piala AFF U-16

Arief Junianto
Rabu, 03 Juli 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Lumat Vietnam 5-0, Indonesia Juara III Piala AFF U-16 Pesepak bola Timnas Indonesia, Dafa Zaidan El Fikri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Thai Hieu (kanan), Rabu (3/7/2024). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Timnas U-16 Indonesia sukses meraih juara III ASEAN U-16 Boys Championship (AFF U-16) setelah tampil superior menggulung Vietnam dengan skor mentereng 6-0.

Bagi Vietnam, kekalahan tersebut merupakan kekalahan terburuk sepanjang gelaran AFF U-16.

Advertisement

Di awal babak pertama, kedua tim sama-sama tampil impresif. Baik Garuda Asia maupun Timnas Vietnam sama-sama saling jual-beli serangan.

Bahkan hingga akhir babak pertama, kedua tim belum berhasil mencetak angka. Serangan bertubi dari keduanya masih belum mengubah skor.

Beruntung, di menit ke-45, Zahaby Gholy memecah kebuntuan sekaligus mengubah skor. Berawal dari umpan matang Fandi Ahmad, Gholy mampu menggocek bola dan melepaskan tendangan mengecoh kiper Vietnam. Skor berubah menjadi 1-0.

Tak puas dengan satu gol, giliran pemain muda Persis Solo, Dafa Zaidan berhasil menambah keunggulan Garuda Asia. Tendangan keras kaki kanannya gagal diantisipasi kiper Vietnam. Hingga berakhir babak pertama, skor pun berakhir 2-0 untuk Indonesia.

Babak kedua, Indonesia masih terus memborbardir pertahanan Vietnam. Di menit ke-68, Evandra Florasta mendapatkan peluang. Sayangnya, tendangannya tak bisa maksimal lantaran diganggu oleh bek Vietnam.

Di menit ke-69, giliran Vietnam yang nyaris memperkecil ketinggalan. Beruntung, tendangan Chu Ngoc Nguyen Luc berhasil ditepis oleh kiper Indonesia, Dafa Al Gaserni.

Barulah di menit ke-75, Indonesia justru bisa kembali mencetak gol. Kali ini, Daniel Alfredo sukses melakukan aksi individu yang ia pungkasi dengan sontekan ke gawang Vietnam. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Tak puas hanya tiga gol, Indonesia kembali menambah keunggulan. Kali ini Zahaby Gholy kembali jadi  pahlawan setelah memanfaatkan umpan tarik dari Mierza Fijartullah. Skor berubah menjadi 4-0.

Sembilan menit jelang bubaran, kembali Mierza beraksi. Umpan matangnya ke kotak penalti Vietnam sukses dimanfaatkan oleh Daniel Alfredo. Hingga pertandingan berakhir, skor tak berubah, 5-0 untuk Indonesia.

Kemenangan ini mengantarkan Indonesia meraih peringkat III di ajang AFF U-16 untuk yang ketiga kalinya. Sebelumnya, Indonesia juga meraih posisi yang sama pada gelaran 2019 dan 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement