Advertisement

Hasil Spanyol vs Jerman, Skor 2-1, Tim Matador Singkirkan The Panzer di Perempat Final Euro 2024

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 06 Juli 2024 - 02:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Spanyol vs Jerman, Skor 2-1, Tim Matador Singkirkan The Panzer di Perempat Final Euro 2024 Spanyol akhirnya menyingkirkan tuan rumah Jerman pada pertandingan Perempat final Euro 2024 dengan skor 2-1 di Stadion Stuttgart Arena, Sabtu (5/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Spanyol akhirnya menyingkirkan tuan rumah Jerman pada pertandingan Perempat final Euro 2024 dengan skor 2-1 di Stadion Stuttgart Arena, Sabtu (5/7/2024).

Spanyol membukukan keunggulan melalui gol Dani Olmo di menit ke 51. Gol balasan dari Jerman tercipta di menit 88 atau dua menit sebelum habis waktu normal.

Advertisement

Gol penentu kemenangan Spanyol lahir pada babak tambahan. Pada menit 119 lewat tendangan Mikel Merino.

Dani Carvajal menjelang berakhirnya pertandingan mendapatkan kartu merah. Pada akhirnya Tim Matador menyingkirkan The Panzer di Perempat Final Euro 2024.

Jalannya pertandingan

Laga Spanyol vs Jerman seperti laga final karena keduanya sama-sama unggulan dan memiliki track record sebagai juara.

Sejak babak pertama dimulai, Spayol dan Jerman saling membuka serangan. Jerman berupaya tampil menyerang pertahanan Spanyol. Namun justru Spanyol yang memiliki peluang lebih dulu lewat Pedri dimenit-menit awal.

BACA JUGA: 

Babak Kedua Usai, Skor 1-1, Spanyol vs Jerman Dilanjutkan Babak Tambahan

Hasil Spanyol vs Jerman di Babak Pertama Perempat Final Euro 2024, Skor 0-0, Pedri Hanya Bermain 7 Menit

Sayang, sepakan Pedri dari luar kotak penalti masih bisa diamankan Manuel Neuer, Kiper Jerman. The Panser memperlihatkan ketangguhannya namun Spanyol tampil cukup apik dengan berupaya memenangi duel-duel di lini tengah.

Menit ke 7, Pedri terlihat mengalami benturan dengan Toni Kroos. Karena kesakitan, Luis De La Fuente pun mengganti Pedri dengan Dani Olmo. Pergantian yang terlalu awal dari Spanyol.

La Furia Roja terus berupaya menguasai bola dan memenangi duel lini tengah. Beberapa kali peluang muncul namun berkat kedisipilan lini belakang Jerman, serangan-serangan Spanyol dapat dipatahkan.

Demikian juga dengan Jerman. Serangan-serangan Jerman beberapa kali kandas sebelum masuk kotak penalti Spanyol. Sebuah peluang datang dari David Raum namun sepakannya mampu dengan mudah ditangkap Unai Simon.

Di menit ke 15, Jerman punya peluang lewat tendangan Bebas. Sayang, tendangan Lamine Yamal masih melenceng dari gawang Neuer.

Dua menit setelahnya, giliran Spanyol mengancam gawang Jerman lewat Fabian Ruiz. Ruiz mampu melewati kepungan para pemain Jerman sebelum melesakkan bola ke gawang Die Mannschaft. Sayang sepakan Ruiz melambung ke atas gawang.

Dimenit ke 21, untuk pertama kalinya Jerman menggedor gawang Spanyol. Sebuah crossing dari Kimmich coba dituntaskan Kai Havertz yang tampil sebagai ujung tombak. Bola masih bisa diamankan Unai Simon.

Spanyol coba membalas lewat, Aymeric Laporte. Dia mencoba mencetak gol lewat sepakan jarak jauh. Kencang dan terarah, namun Neuer masih bisa menangkap bola dengan baik.

Jerman memiliki peluang usai Joshua Kimmich dijatuhkan. Tendangan bebas Toni Kroos gagal dimanfaatkan Jonathan Tah atau Antonio Rudiger.

Sepak pojok pertama Jerman dilakukan Kroos pada menit ke 27. Sempat terjadi kemelut, namun Unai Simon kembali mempertunjukkan kemampuan sebagai kiper nomor satu Spanyol.

Jerman kembali menyerang pertahanan Spanyol. Kai Havertz dengan jeli menjemput bola dari umpan panjang. Sayang, penyelesaian akhir Havertz masih cukup lemah. Bola bisa ditangkap dengan mudah oleh Unai Simon.

Dani Olmo mencoba melepas tembakan jarak jauh. Bola masih bisa ditepis Neuer, Morata kemudian gagal memaksimalkan bola rebound.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada satu gol pun yang tercipta. Laga Spanyol vs Jerman berakhir imbang, 0-0 di babak pertama.

BABAK KEDUA


Dibabak kedua, laga baru berjalan 2 menit, Alvaro Morata hampir mengubah kedudukan. Namun sepakan akhirnya masih melambung.

Jerman membalas dengan dari sepakan pemain pengganti Robert Andrich dua menit setelahnya.

Gol. Spanyol membukukan keunggulan melalui gol Dani Olmo pada menit ke 51. Berkat kerjasama dengan Lamine Yamal di area kotak penalti, Olmo tanpa pengawalan melepaskan tembakan. Bola masuk ke gawang tak bisa dijangkau Neuer.

Jerman pun merespons kekalahan dengan menggiatkan serangan. Jerman meningkatkan serangan ke daerah pertahanan Spanyol. Sayang, tak satupun serangan Jerman berbuah gol.

Petaka hampir terjadi saat Unai Simon teledor menendang bola dari arah gawang di menit ke 82. Kai Havertz yang menyambar bola tanggung Unai gagal manfaatkan peluang. Sepakan cungkil Havertz masih tidak bisa membobol gawang Spanyol. Bola melambung di atas mistar.

Lima menit sebelum babak kedua berakhir, Jerman mendapat peluang lewat sepakan bebas yang dilepas Toni Kroos. Kai Havertz bisa menyundul bola, namun diamankan Unai Simon. Wasit meniup peluit karena Havertz mendorong Aymeric Laporte.

Gol. Jerman berusaha sekuat tenaga menyerang pada menit akhir. Pemain-pemain Spanyol menumpuk di kotak penalti. Kemelut terjadi dan Florian Wirtz menuntaskan sebuah peluang. Skor menjadi 1-1.

Hingga peluit babak kedua berakhir, skor antara Spanyol vs Jerman sama kuat, 1-1.

BABAK TAMBAHAN

Dibabak tambahan, baik Spanyol maupun Jerman mengubah taktik permainan. Sejumlah pemain diganti.

Spanyol mengawali peluang lewat Mikel Oyarzabal yang bergerak dari sisi kanan. Sepakannya ke tiang jauh tak terjangkau Neuer, namun bola melebar dari gawang.

Jerman merespons melalui Florian Wirtz yang hampir menuntaskan sebuah peluang namun bola masih menyamping dari gawang.

Skor 1-1 masih bertahan hingga babak pertama perpanjangan waktu selesai.

Di babak tambahan kedua, di menit ke 108, kombinasi serangan dari Musiala, Wirtz, dan Fullkrug masih gagal menghasilkan gol. Sepakan Fullkrug melebar tak mengarah ke gawang.

Jerman terus menyerang. Kali ini lewat Joshua Kimmich yang melepaskan umpan panjang kepada Niclas Fullkrug. Bola disundul oleh Fullkrug ke arah gawang namun dapat diselamatkan oleh Simon.

Gol. Keasyikan menyerang, Jerman justru kebobolan di menit ke 120. Mikel Merino membobol gawang Neuer lewat sundulan di depan gawang. Spanyol memimpin 2-1.

Wasit memberikan tambahan waktu 3 menit. Kesempatan bagi Jerman untuk menyamakan kedudukan lewat Jamal Musiala digagalkan oleh Dani Carvajal. Dani sengaja menarik Musiala hingga terjatuh. Wasit pun memberikan kartu kuning kedua kepada Dani.

Tendangan bebas Toni Kroos ditangkap Unai Simon. Wasit langsung meniup peluit akhir. Tuntas sudah pertandingan berdurasi 120 menit. Spanyol menang 2-1 dan melangkah ke babak semifinal.


Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Spanyol: Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.

Pelatih: Luis De La Fuente

Jerman: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, David Raum; Emre Can, Toni Kroos; Leroy Sane, Ilkay Gundogan, Jamal Musiala; Kai Havertz.


Pelatih: Julian Nagelsmann

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ahli Ungkap Algoritma Medsos Batasi Penyebaran Konten Gaza Palestina

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement