Advertisement

Hasil Sepak Bola Putri Olimpiade 2024, Brasil vs Spanyol 4-2, AS vs Jerman 1-0, As Canarinhas vs The Stars and Stripes Bertemu di Final

Newswire
Rabu, 07 Agustus 2024 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Sepak Bola Putri Olimpiade 2024, Brasil vs Spanyol 4-2, AS vs Jerman 1-0, As Canarinhas vs The Stars and Stripes Bertemu di Final Timnas Brasil usai mengalahkan Spanyol dengan skor 4-2 (kiri) dan Tim Amerika Serikat usai bekuk Jerman skor 1-0 di semifinal Sepak Bola Putri Olimpiade Paris 2024, Rabu (7/8/2024) ist/x - womenfootie_id

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS—Timnas Brasil melaju ke final sepak bola putri Olimpiade 2024 usai mengalahkan Spanyol 4-2 dalam laga semifinal di Orange Velodrome, Marseille pada Rabu (7/8/2024) dini hari WIB.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) melangkah ke final usai menekuk Jerman 1-0 lewat babak tambahan. Dengan hasil ini, Brasil akan menghadapi AS di final untuk memperebutkan medali emas Olimpiade 2024. Demikian dilansir dari laman resmi Olimpiade 2024.

Advertisement

Brasil vs Spanyol Skor 4-2

Empat gol Brasil dicetak melalui bunuh diri Irene Paredes (6'), Gabi Portilho (45'+4), Adriana (71') dan Kerolin (90'+1). Sedangkan dua gol balasan Spanyol dicetak oleh Salma Paralluelo pada menit ke-85 dan 90+12.

Brasil unggul enam menit setelah upaya penyelamatan oleh kiper Spanyol Cata Coll membentur kapten Irene Paredes dan masuk ke gawangnya sendiri.

Tim Brasil itu menggandakan keunggulan mereka berkat usaha Gabi Portilho setelah menerima umpan luar biasa dari Yasmim di detik-detik terakhir babak pertama.

Kapten Adriana mengubah kedudukan menjadi 3-0 lewat sundulan jarak dekat setelah serangan balik cepat pada menit ke-72 sebelum gol bunuh diri Duda Sampaio memperkecil ketertinggalan lima menit menjelang akhir pertandingan.

Pemain pengganti Brasil, Kerolin mencuri bola dan mencetak gol untuk memastikan kemenangan di injury time sebelum pemain Spanyol, Salma Paralluelo mencetak gol hiburan di menit-menit terakhir. Pertandingan berakhir dengan skor 4-2.

Amerika Serikat vs Jerman Skor 1-0

Timnas Amerika Serikat mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 pada babak semifinal Sepak Bola Putri Olimpiade 2024 di Stadion Decines-Charpieu, Lyon, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Amerika Serikat berkat gol semata wayang Sophia Smith pada babak pertama waktu tambahan setelah kedua negara bermain imbang 0-0 selama 90 menit, demikian catatan Olimpiade.

Amerika Serikat langsung mengambil inisiatif menyerang pada babak pertama dan memberikan ancaman lewat sundulan Tierna Davidson yang masih dapat diamankan kiper Jerman Ann-Katrin Berger.

Berger kembali menyelamatkan gawang Jerman dari kebobolan, kali ini ia mampu mengamankan tendangan Rose Lavelle setelah menerima umpan dari Trinity Rodman.

Skuad asuhan Emma Hayes terus menciptakan peluang, berawal dari tendangan bebas Lavelle, Lindsey Horan dapat menyambar bola di kotak penalti, namun kembali Berger dapat mengamankan bola.

Pada sisa waktu babak kedua, Amerika Serikat tetap mendominasi jalannya pertandingan, namun hingga turun minum, skor sama kuat 0-0 untuk kedua negara tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Jerman mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun upaya yang mereka lakukan masih dapat dipatahkan lini pertahanan Amerika Serikat.

Jerman kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh Giulia Gwinn yang masih menyamping dari gawang Amerika Serikat.

Amerika Serikat berbalik memberikan ancaman setelah umpan Naomi Girma dapat diterima oleh Mallory Swanson, namun tendangannya hanya mengenai jaring luar gawang Jerman.

The Stars and Stripes kembali menciptakan peluang berbahaya, kali ini melalui sundulan yang dilepaskan oleh Horan setelah menerima umpan sepak pojok, akan tetapi bola dapat diamankan oleh Berger.

Amerika Serikat terus berupaya untuk menciptakan gol kemenangan, namun hingga babak kedua berakhir, skor 0-0 tetap bertahan sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke waktu tambahan 2 x 15 menit.

Memasuki waktu babak pertama waktu tambahan, Amerika Serikat tidak mengendurkan serangan dan berhasil menciptakan gol pada menit 95 setelah umpan Swanson dapat dijangkau oleh Sophia Smith sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Jerman berupaya untuk setidaknya menyamakan kedudukan pada waktu yang tersisa, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk kemenangan Amerika Serikat tetap bertahan.

Hasil Sepak Bola Putri Olimpiade 2024, Brasil vs Spanyol 4-2, AS vs Jerman 1-0, As Canarinhas vs The Stars and Stripes bertemu di Final

Selanjutnya Amerika Serikat akan melakoni final Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola putri menghadapi Brasil di Stadion Parc des Princes, Paris, Sabtu (10/8/2024) pukul 22.00 WIB, sementara Jerman vs Spanyol akan melakoni pertandingan perebutan medali perunggu di Stadion Decines-Charpieu, Lyon, di hari yang sama pukul 20.00 WIB.

Ini merupakan kali ketiga bagi Brasil dan AS bertemu di final Olimpiade. Sebelumnya terjadi pada 2004 dan 2008, dengan keduanya dimenangkan AS. Amerika merupakan tim tersukses di cabang sepak bola putri dengan raihan 4 medali emas Olimpiade. Sedangkan Brasil belum pernah juara, dengan pencapaian terbaik adalah dua kali medali perak pada Olimpiade 2004 dan 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement