Advertisement

Luis de la Fuenta Jadi Pelatih Spanyol Gantikan Luis Enrique, Ini Profilnya

Budi Cahyana
Kamis, 08 Desember 2022 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Luis de la Fuenta Jadi Pelatih Spanyol Gantikan Luis Enrique, Ini Profilnya Luis de la Fuente - Dok/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Luis Enrique meninggalkan jabatannya sebagai Pelatih Spanyol setelah hasil mengecewakan di Piala Dunia 2022. Federasi Spanyol, RFEF, menunjuk Luis de La Fuente sebagai pelatih anyar La Roja.

Luis de La Fuente akan langsung menangani Spanyol. Pertandingan terdekatnya adalah melawan Norwedia dan Skotlandia di Kualifikasi Euro 2024.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“RFEF mempercayai Luis de la Fuente sebagai pelatih yang baru,” demikian keterangan tetulis RFEF sebagaimana dilansir Sky Sports.

De La Fuente bukan wajah baru di Spanyol. Pria berusia 61 tahun itu adalah pelatih Spanyol U-21. Sebelumnya, dia sudah membesut Spanyol U-19 sejak 2013 sampai dengan 2018. Bersama De la Fuente, Spanyol menjuarai Euro U-19 2015 dan Euro U-21 2019. De la Fuente juga melatih Spantol U-23 di Olimpiade 2020 dan mendapat perak setelah kalah dari Brasil di final.

Sebelumnya menangani Spanyol di level junior, de la Fuente melatih Athletic Bilbao B dan Alaves, keduanya bermain di Segunda Division, klub kasta kedua Liga Spanyol, Deportivo Alaves.

BACA JUGA: Spanyol Tersingkir Lewat Adu Penalti, Sergio Busquets: Cara yang Paling Kejam

Pilar-pilar Spanyol saat ini seperti Dani Olmo, Eric Garcia, Pau Torres, Carlos Soler, Marco Asensio, Unai Simon, hingga Rodri, pernah menjadi anak asuh De la Fuente di Spanyol U-19 dan Spanyol U-21.

Sebelum menunjuk De la Fuente, RFEF mengakhiri kerja sama dengan Luis Enrique yang melatih Spanyol seusai Piala Dunia 2018. Bersama Enrique, Spanyol mencapai semifinal Euro 2020 dan kalah adu penalti dari Italia. Tim muda yang dibangun Enrique difavoritkan menjadi juara di Piala Dunia 2022, tetapi kandas di semifinal setelah kalah dau penalti melawan Maroko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Relawan GP Mania Bubar, Bukti Jokowi Tingggalkan Ganjar?

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement