Advertisement

Menpora Dukung Kompetisi Sepak Bola U-13, Organisasi Ini Bakal Nakhodanya

Newswire
Selasa, 11 April 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Menpora Dukung Kompetisi Sepak Bola U-13, Organisasi Ini Bakal Nakhodanya Menpora Dito Ariotedjo (keempat dari kiri) menerima kunjungan dari pengurus APSUMSI di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mendukung penuh adanya kompetisi sepak bola grassroots atau akar rumput di Tanah Air. Dengan adanya kompetisi, Dito berharap akan lebih banyak bibit-bibit pesepak bola yang terjaring.

Hal ini, lanjut Dito, sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin ada talent scouting pesepak bola level grassroots mulai dari 8 hingga 12 tahun. "Hari ini, Kantor Kemenpora didatangi Asosiasi Pembina Sepak Bola Usia Muda Seluruh Indonesia [APSUMSI] dan juga Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia [FOSSBI] dan juga Sepak Bola Anak Indonesia [SBAI]," kata Dito di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Advertisement

APSUMSI, lanjut Dito, adalah organisasi baru yang terbentuk pada Januari 2023. Nantinya organisasi ini akan membawahi operator bola yang menggelar kompetisi di bawah usia 13 tahun di Indonesia. "Nanti ada pelantikan, tetapi tadi saya meminta ini sesuai dengan Bapak Presiden Joko Widodo yang ingin ada talent scouting usia dini. Ini suatu energi baru juga buat Kemenpora dan kami meminta untuk segera dilakukannya liga-liga untuk talent scouting tersebut dan juga tadi saya meminta untuk merangkul seluruh operator dan stakeholder yang ada di dunia sepak bola," kata Dito.

BACA JUGA: Menpora Berharap Timnas Basket 3x3 Putra Sabet Medali di SEA Games 2023 Kamboja

Sejauh ini, APSUMSI telah bekerja sama dengan 10 operator kompetisi sepak bola usia muda. Dalam waktu dekat, tepatnya pada 26 Agustus akan terselenggara Piala Menpora untuk usia 13 tahun.

"Prinsipnya saya meminta untuk merangkul seluruh operator yang ada agar ini jadi satu kesatuan dan operator ini bisa saling bantu dan melengkapi mana titik yang belum terjamah jadi bisa saling bagi daerah dan bergerak bersama karena Indonesia sangat luas. Targetnya usia dini, jadi mangkuknya besar sekali. Ini di bawah naungan Kemenpora," ujar Dito.

Sementara itu, Ketua APSUMSI, Agus Riyanto mengatakan pihaknya hadir sebagai wadah operator sepak bola usia dini dan usia muda yang menjalankan program induk organisasi sepak bola Indonesia dan Kemenpora.

“Jadi nanti rencananya ada dalam waktu dekat menyelenggarakan Piala Menpora u-13 pada Agustus nanti di daerah Pondokgede. Semoga ini bisa berjalan sukses dan sebagai jadi jejaring juga untuk ke depannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement