Advertisement

Gelar Syawalan 5 Cabor, KPH Purbodiningrat Beri Semangat Atlet untuk Persiapan BK PON

Sunartono
Senin, 15 Mei 2023 - 13:07 WIB
Sunartono
Gelar Syawalan 5 Cabor, KPH Purbodiningrat Beri Semangat Atlet untuk Persiapan BK PON Pengda 5 cabang olahraga, Perbasi, PBESI, IMI, IPSI dan Perbakin berfoto bersama

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pertemuan lima pengurus cabang olahraga (Cabor) digelar melalui Halal Bi Halal Pengurus Daerah yang digelar di Kafe Titik Nol Kilometer, Minggu (14/5/2023) malam. Kelima cabor ini diketuai oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat.

Adapun kelima cabor tersebut antara lain Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin), Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI). Selain dihadiri pengurus harian dan sejumlah perwakilan atlet, pertemuan itu juga dihadiri Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Sekretaris Perbakin yang juga Dirut Bank BPD DIY Santoso Rohmad serta Ketua Umum KONI DIY Profesor Djoko Pekik Irianto.

Advertisement

BACA JUGA : Targetkan Kirim Perwakilan ke PON 2024, Gabsi DIY Terus

KPH Purbodiningrat mengatakan melalui silaturahmi bersama tersebut diharapkan dapat saling memberikan dukungan semangat antarcabor untuk meraih prestasi yang ditargetkan. Mengingat saat ini setiap cabor sedang mempersiapkan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK-PON).

“Sebenarnya saat ini waktu untuk mempersiapkan BK-PON, tetapi semua pengurus sepakat untuk bertemu di kegiatan syawalan ini, harapannya bisa saling mendukung antarcabor,” katanya.

Ia mengatakan sesuai arahan dari KONI DIY bahwa dari kelima cabor yang ditanganinya ditargetkan meraih emas pada PON XXI di Aceh-Sumut pada 2024 mendatang. Purbo optimistis kelima cabor tersebut bisa lolos babak kualifikasi PON karena masing-masing memiliki andalan.

Anggota DPRD DIY ini mencontohkan untuk Cabor Basket DIY memiliki andalan 3 on 3 putra dan putri. Begitu juga dengan Esport untuk kategori Mobile Legend serta IPSI memiliki potensi banyak yang justru diyakini mampu meraih dua emas.

BACA JUGA : Pemkab Beri Bonus untuk Kontingen Sleman di PON Papua

“Perbakin kita punya andalan Mas Hans [Hans Cristian Pratama] di tembak reaksi, namun juga akan mengikutkan tembak sasaran. Target awal tentu semua cabor konsentrasi lolos lima besar untuk BK PON, setelah itu baru secara khusus bahas target medali. Tetapi kami optimistis dengan potensi DIY,” ujarnya.  

Ketua Umum KONI DIY Profesor Djoko Pekik Irianto mengatakan komunikasi antarcabor memang sangat penting dalam upaya menumbuhkan semangat atlet. Senada dengan Purbo, ia berharap ke depan ada komunikasi antarcabor bisa terjalin dengan baik sehingga mampu meningkatkan prestasi.

“Sehingga minimal kelima cabor ini bisa solid untuk bisa lolos ke BK-PON yang akan datang. Target kami kelimanya paling tidak ya satu emas di PON, sehingga sudah sekitar 30 persen dari total target 30 emas di PON mendatang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement