Advertisement

Ini Line Up Indonesia vs Palestina, Jadi Pembuktian Pemain Naturalisasi

Yosef Leon
Selasa, 13 Juni 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Ini Line Up Indonesia vs Palestina, Jadi Pembuktian Pemain Naturalisasi Sepakbola - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim nasional sepakbola Indonesia akan berjumpa Palestina dalam laga persahabatan pada Rabu (14/6/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Pertandingan ini akan jadi ajang pembuktian bagi pemain baru naturalisasi yakni Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan Rafael Struick. Hanya Sandy Walsh yang dilaporkan tidak tampil dalam pertandingan itu.

Ketiga pemain itu minus Sandy Walsh dinaturalisasi dari Belanda. Shayne Pattynama menempati posisi bek kiri di Viking FK dengan 18 laga di semua kompetisi dan mencatatkan satu gol tiga asis. Sandy harus bersaing dengan Pratama Arhan, Edo Febriansyah dan Yance Sayuri untuk mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae Yong (STY).

Advertisement

Sementara Ivar Jenner bermain di posisi gelandang bertahan. Ia memperkuat FC Utrecht dengan 13 kali penampilan. Pemain berusia 19 tahun bisa bisa diduetkan STY dengan Marc Klok di lini tengah. Sementara Rafael Struick beroperasi di sayap kiri. Jebolan akademi Forum Sport dan RKAVV Leidschendam ini bisa dijadikan andalan untuk merepotkan pertahanan Palestina.

"Saya berharap bisa dapat menit bermain saat bertanding nanti. Semoga melalui training ini kemampuan saya dapat terlihat. Saya akan memberikan segalanya seratus persen di setiap latihan. Kita akan lihat nanti hasilnya seperti apa," kata Rafael.

Laga melawan Palestina juga menjadi momentum yang baik bagi skuad garuda untuk mempersiapkan diri menghadapi Argentina pada pertengahan Juni nanti. Melawan negara dengan peringkat FIFA yang berada di atasnya, Indonesia juga berpeluang memperbaiki peringkat jka berhasil menaklukkan Palestina. Indonesia sekarang berada di posisi 149 dengan 1046.14 poin.

Menghadapi dua pertandingan persahabatan di Juni ini, STY berharap para pemain bisa menunjukkan permainan terbaik dan tanpa beban, terutama ketika menghadapi Argentina. Dia meminta pemain fokus kepada diri sendiri dan tetap mengikuti instruksinya. Pelatih berpaspor Korea Selatan ini diprediksi akan mengandalkan formasi 3-4-3 untuk melawan Palestina.

BACA JUGA: Kasus Mafia Tanah Kas Desa, JCW: Perlu Ditelusuri Pihak Lain Diduga Terlibat

"Saya hanya akan berusaha tingkatkan fisik dan otot pemain biar bisa berusaha semaksimal mungkin di pertandingan nanti, saya hanya berharap pemain bisa ikuti instruksi saya," kata dia.

Palestina juga bukan lawan yang sembarang bagi Indonesia. Di atas kertas Palestina lebih unggul Hal ini terlihat dari peringkat FIFA di mana Palestina bertengger di posisi 93 dengan 1239.19 poin. Makram Dabboub diprediksi masih mengandalkan formasi 4-2-3-1 yang digunakan saat mengalahkan Bahrain beberapa waktu lalu.

Secara prestasi tim berjuluk Lions of Canaan ini memnag tak punya catatan mentereng selain pernah menjadi juara turnamen AFC Challenge Cup 2014 dengan mengalahkan Filipina lewat skor 1-0 di partai final. Timnas Palestina juga tidak pernah mencatat hasil manis di pentas turnamen sub-konfederasi kawasan Asia Barat (WAFF) ataupun FIFA Arab Cup. Namun konsistensi partisipasi mereka di level Asia dalam kurun waktu 8 tahun terakhir patut diperhitungkan.

Head to Head Indonesia vs Palestina

22 Agustus 2011: Indonesia vs Palestina: 4-1

5 Pertandingan Terakhir Timnas Indonesia

28/03/2023: Indonesia vs Burundi: 2-2 (Persahabatan)
25/03/2023: Indonesia vs Burundi: 3-1 (Persahabatan)
09/01/2023: Vietnam vs Indonesia: 2-0 (AFF)
06/01/2023: Indonesia vs Vietnam: 0-0 (AFF)
02/01/2023: Philipina vs Indonesia: 1-2 (AFF)

5 Pertandingan Terakhir Timnas Palestina

26/03/2023:  Bahrain vs Palestina: 1-2 (Persahabatan)
14/06/2022:  Palestina vs Philipina: 4-0 (AFC Kualifikasi)
11/06/2022:  Yaman vs Palestina: 0-5 (AFC Kualifikasi)
08/06/2022: Palestina vs Mongol: 1-0 (AFC Kualifikasi)
07/12/2021: Yordania vs Palestina: 5-1 (Arab Cup)

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia (5-4-1): Reza Arya Pratama (Kiper), Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Shanye Pattynama (Belakang), Yakob Sayuri, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Yance Sayuri (Tengah), Dendy Sulistyawan (Depan).

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Palestina (4-2-3-1): Rami Hamada (Kiper), Mousa Farawi, Mohammed Saleh, Yaser Hamed, Mohammed Khalil (Belakang), Mohammed Rashid, Ataa Jaber, Tamer Seyam, Mohammed Yaheen, Islam Btran (Tengah), Mahmoud Wadi (Depan).

Pelatih: Makram Dabboub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bea Cukai Banyak Masalah, Presiden Jokowi Akan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement