Advertisement

PSIM Jogja Punya Bomber Baru Augusto Neto, Ini Profilnya

Yosef Leon
Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:27 WIB
Maya Herawati
PSIM Jogja Punya Bomber Baru Augusto Neto, Ini Profilnya Logo PSIM Jogja / ist Twitter PSIM Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPSIM Jogja dikabarkan telah melengkapi dua kuota pemain asingnya untuk mengarungi sisa pertandingan putaran kedua musim ini. Setelah mendatangkan bek tengah senior asal Korea Selatan Kim Bong-jin, Laskar Mataram kembali merekrut bomber asal Brazil Augusto Neto untuk mempertajam lini serang.

Masalah produktivitas gol memang masih menjadi salah satu pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan klub yang diasuh Kas Hartadi itu. Di putaran pertama musim ini, dari enam pertandingan yang dijalani Hariono dan kolega baru menciptakan delapan gol. Ari Maring menjadi top skor PSIM Jogja dengan tiga gol.

Advertisement

Augusto Neto diharapkan menjadi jawaban dari kurang produktifnya striker murni PSIM Jogja. Setelah Rakic didepak, Laskar Mataram otomatis hanya punya Sukarja, Indra Setiawan dan Vengko yang berposisi sebagai penyerang nomor 9. Ketiga pemain itu pun kadang dimainkan Kas di sektor sayap secara bergantian.

Banyak pihak yang meragukan naluri gol pemain berpostur jangkung ini. Apalagi Augusto sudah berstatus tanpa klub sejak setengah tahun terakhir tepatnya 1 Juli 2023. Sebelumnya pemain berusia 27 tahun ini bermain untuk Flamurtari FC, klub divisi kedua Liga Albania. Selama setengah musim, ia mencatatkan delapan caps tanpa mencetak gol.

BACA JUGA: Aliran Selokan Mataram Mulai Dibuka Besok Pagi, Debit Air Sengaja Dibikin Kecil

Catatan transfermarkt, Augusto mengawali kariernya dengan berseragam Fortaleza FC, klub divisi pertama di tanah kelahirannya. Kemudian Santa Rita; berlanjut ke CF Canelas 2010 klub divisi tiga Liga Portugal; FC Pedras Rubras; Hong Kong Ranger klub divisi pertama Liga Hongkong; kemudian beralih ke Liga Turki dengan berseragam Al Minahasa SC dan terakhir Flamurtari FC.

Pelatih Kepala PSIM Jogja Kas Hartadi mengatakan sudah melengkapi kuota pemain asing sesuai ketentuan PT LIB yakni satu Asean dan satu dari negara bebas. Kas mengakui kedua pemain asingnya sama sekali belum pernah bermain di klub Indonesia, tetapi keputusan sudah dibuat dan diharapkan keduanya bisa segera beradaptasi.

"Pemain ini memang belum pernah main di Indonesia. Namun harapannya pemain asing ya lebih berkualitas di atas pemain lokal. Terutama striker harus bikin gol," kata juru taktik asal Solo itu, Selasa (31/01/2023).

Kas juga mengakui bahwa jeda bursa transfer tengah musim dengan persiapan pertandingan perdana putaran kedua nanti cukup mepet. Untuk Kim Bong-jin telah mendarat di Jogja dan sudah mulai bergabung untuk menjalani latihan rutin dengan skuad PSIM Jogja. Sementara Augusto disebutkan baru tiba di Jogja pada Rabu (1/11/2023) besok.

"Persiapannya memang mepet kan. Augusto kan datang baru hari Rabu. Secara persiapan kurang lah adaptasinya. Dari Brazil kan datang ke Indonesia dia perlu adaptasi cuaca. Ya mudah-mudahan besok bisa bermain bagus lah seperti yang kita harapkan," ujarnya.

Mantan pelatih Sriwijaya FC ini belum bisa memastikan kedua pemain asing yang baru direkrut itu diturunkan atau tidak saat menghadapi Bekasi City pada Jumat 6 November mendatang. Hanya saja Kas menyebut dirinya akan terus berkomunikasi dengan dua pemain itu berkaitan dengan kondisi dan persiapan tim.

"[Dalam pertandingan PSIM Jogja] lawan Bekasi belum tahu akan diturunkan atau tidak. Soalnya baru datang juga. Jadi belum tahu. Soalnya saya dari sekarang juga belum ketemu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Groundbreaking Ke-9 IKN Mundur dari Jadwal, Menteri Basuki Beberkan Alasannya

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement