Advertisement

Erick Thohir Optimistis Timnas Indonesia Mampu Bersaing di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Newswire
Jum'at, 14 Juni 2024 - 11:47 WIB
Sunartono
Erick Thohir Optimistis Timnas Indonesia Mampu Bersaing di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Pesepak bola Timnas Indonesia Justin Hubner (ketiga kiri) menyundul bola dengan dikawal para pesepak bola Timnas Irak pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2.- Antara/Muhammad Adimaja - aww

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir optimistis timnas Indonesia bisa bersaing pada babak ketiga kualifikasi untuk mengantongi tiket berkompetisi pada Piala Dunia 2026.

"Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha (untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2026)," ujar Erick melalui akun instagram pribadi: @erickthohir, Jumat (14/6/2024).

Advertisement

Ia menjelaskan, Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara yang bergabung dengan 17 negara lain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA : Erick Thohir Pastikan GBK Sudah Oke dan Layak untuk Laga Indonesia Vs Irak

Ke-17 negara itu yakni Qatar, Kuwait, China, Korea Selatan, Iran, Uzbekistan, Arab Saudi, Yordania, Australia, Jepang, Oman, Kyrgyztan, Irak, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Palestina.

Secara peringat, Indonesia berada di peringkat ke-134, jauh di bawah negara-negara yang timnas sepak bolanya kuat serta menjadi langganan masuk Piala Dunia seperti Iran, Korea Selatan, Jepang. Namun, Erick mengaku optimistis dengan berbagai persiapan dan kerja keras maka skuad Garuda siap menghadapi negara-negara tersebut untuk meraih kemenangan.

Sebelumnya, Erick mengatakan, skuad timnas harus dipersiapkan secara optimal baik fisik dan mental karena akan melakoni 10 laga kualifikasi yang terdiri dari enam laga pada 2024 dan empat laga pada 2025.

Salah satu langkah yang dilakukan yaitu penyesuaian jadwal pertandingan liga dengan pertandingan timnas agar para pemain bisa berkumpul pada tiga atau empat hari sebelum bertanding.

"Tidak langsung satu, dua hari berkumpul langsung bertanding, karena ini (pertandingan timnas) kan kelasnya lebih tinggi lagi dan pengelola liga menyanggupi," ujarnya.

Erick telah menggelar pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong untuk membahas persiapan timnas Indonesia dalam menghadapi babak kualifikasi selanjutnya.

BACA JUGA : PSSI Kecam Aksi Rasis Pendukung Indonesia U-23 ke Timnas Guinea U-23

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai menekuk timnas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6/2024).

Pada putaran ketiga, 18 negara akan dibagi dalam tiga grup, masing-masing grup sebanyak enam tim. Peraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat ketiga dan keempat akan dibagi lagi dalam dua grup yang bersaing memperebutkan peringkat pertama untuk tampil di Piala Dunia 2026. Pengundian untuk penentuan grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dilakukan pada 27 Juni di Kuala Lumpur, Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LBH Padang Akhirnya Beberkan Kronologi Penganiayaan Anak oleh Polisi

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement