Advertisement

Hasil Kroasia vs Italia Skor 1-1: Dramatis! Gli Azzurri Lolos 16 Besar EURO 2024, Luka Modric Gagal Eksekusi Penalti

Sunartono
Selasa, 25 Juni 2024 - 04:15 WIB
Sunartono
Hasil Kroasia vs Italia Skor 1-1: Dramatis! Gli Azzurri Lolos 16 Besar EURO 2024, Luka Modric Gagal Eksekusi Penalti Hasil pertandingan Grup B EURO 2024 antara Kroasia vs Italia skor 1-1 di Red Bull Arena (Leipzig Stadium), Selasa (25/6/2024) dinihari. Luca Modric mampu membayar lunas kegagalan saat melakukan eksekusi penalti.. - The Guardin.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hasil pertandingan Grup B EURO 2024 antara Kroasia vs Italia berakhir dengan skor 1-1 di Red Bull Arena (Leipzig Stadium), Selasa (25/6/2024) dinihari. Luka Modric mampu membayar lunas kegagalan saat melakukan eksekusi penalti.

Kroasia nyaris mencapai kemenangan lolos 16 besar di depan mata, namun gol pemain Italia Mattia Zaccagni di satu menit jelang akhir pertandingan membuyarkan semua. Berganti Italia lolos ke-16 besar EURO 2024.

Advertisement

Pertandingan babak pertama tempo permainan cenderung lambat. Umpan satu dua diterapkan kedua tim. Kroasia beberapa kali melakukan serangan lewat lini tengah mereka dengan beberapa kali menebar ancaman ke gawang Italia.

Italia mendapatkan peluang di menit ke-21 setelah Mateo Retegui memperoleh umpan silang kemudian berusaha mengeksekusi dengan sundulan namun bola melebar di sisi kiri gawang.

BACA JUGA : Ditahan Imbang Albania 2-2, Pelatih Kroasia Zlatko Dalic Keluhkan Waktu Tambahan

Kroasia nyaris kebobolan di menit ke-27, namun penjaga gawang Dominik Livakovic melakukan penyelamatan gemilang ketika sundulan Alessandro Bastoni dari jarak dekat bisa diantisipasi. Lagi-lagi Livakovic menunjukkan kemampuannya sebagai penjaga gawang berkualitas ketika pemain Italia Lorenzo Pellegrini melakukan tembakan ke gawang dan berhasil diamankan dengan baik.

Selama babak pertama, Kroasia lebih unggul dari sisi penguasaan bola. Meski demikian berkali-kali mendapatkan ancaman dari para pemain Italia. Beruntung penjaga gawang mampu mengamankannya dengan baik. Skor tetap imbang 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Berbeda dengan babak pertama, memasuki babak kedua, tempo permainan cenderung panas mengingat saat skor masih 0-0 kedua tim ini sama-sama memiliki peluang untuk lolos ke 16 besar EURO 2024.

Serangan demi serangan dilakukan Kroasia hingga mampu membuat kerepotan Italia di awal babak kedua. Puncaknya di menit ke-52 terjadi pelanggaran handball , di mana tangan Frattesi mengenai bola saat Kramaric berusaha melepaskan tendangan ke arah gawang usai mendapatkan umpan dari Brozovic.

Awalnya wasit tidak mengetahui namun kemudian memeriksa lewat VAR dan hasilnya penalti untuk Kroasia. Luka Modric sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangan ke sisi kanan gawang berhasil ditepis Gianluigi Donnarumma dan bola mengarah ke pemain Italia.

Meski demikian, Luka Modric berhasil membayar lunas hutang atas kegagalan penalti tersebut dengan mencetak gol di menit ke-55. Ketika bola di area kotak penalti berhasil ditepis oleh Gianluigi Donnarumma, kemudian Modric mendapatkan bola muntahan dan langsung ditendangnya ke arah gawang berbuah gol. Skor pun berubah menjadi 1-0 keunggulan untuk Kroasia.

Usai Kroasia unggul 1-0, tempo permainan kian memanas. Italia terus meningkatkan tempo permainan dan berusaha mencegah bola berada di kaki para pemain Kroasia.

Dramatis

Berkali-kali Italia mendapatkan peluang namun tak mampu mencetak gol. Lini depan cenderung tak mampu memanfaatkan peluang untuk mengubah menjadi gol.

Salah satunya ketika Italia mendapatkan peluang emas di menit ke-88 saat Chiesa memberikan umpan rendah di area kotak penalti, namun Scamacca tak mampu menjangkaunya meski hanya berjarak dengan dengan gawang.

BACA JUGA : Hasil Spanyol vs Kroasia UEFA EURO 2024: Dihajar Skor 3-0, Zlatko Dalic Minta Maaf

Italia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan secara dramatis di menit 90+8 atu beberapa detik jelang akhir pertandingan. Lewat skema serangan dari lini tengah, Calafiori memberikan umpan dari luar kotak penalti ke sektor kiri kemudian diterima Mattia Zaccagni dan langsung melepaskan tendangan melebar ke sisi kanan dan bola masuk ke gawang.

Skor pun berubah imbang menjadi 1-1 hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua. Skor 1-1 ini mengantarkan Italia lolos secara dramatis menuju ke 16 besar EURO 2024 setelah mengemas 4 poin, sedangkan Kroasia hanya mampu mengakhiri EURO 2024 dengan 2 poin di urutan ketiga grup B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement