Advertisement

Ramai Soal Hosting Fee MotoGP Mandalika, Menparekraf Sandiaga Uno: Kami Bayar 2 Kali

Catur Dwi Janati
Kamis, 26 September 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Ramai Soal Hosting Fee MotoGP Mandalika, Menparekraf Sandiaga Uno: Kami Bayar 2 Kali Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat berada di GIK UGM pada Kamis (26/9/2024). - Istimewa/Kemenparekraf 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjawab isu soal Hosting Fee jelang gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Sandiaga mengklaim persoalan Hosting Fee saat ini telah rampung. Pembayarannya akan disalurkan kepada pihak terkait sesuai mekanisme yang berlaku. "Hosting Fee sudah selesai, kami [pembayarannya] akan sesuai mekanisme Hosting Fee," kata Sandiaga saat ditemui di GIK UGM, Kamis (26/9/2024).

Advertisement

Sesuai mekanismenya, Hosting Fee akan dibayarkan secara dua kali. Pertama dibayarkan sebelum MotoGP digelar, sedangkan yang kedua dibayarkan beberapa waktu seusai gelaran MotoGP rampung. "Kami akan sesuai mekanisme Hosting Fee, itu akan dibayar sebelum MotoGP dan setelah MotoGP," ujar dia. 

"Karena itu memang itu metodenya pembayarannya adalah dua kali dalam periode beberapa saat sebelum MotoGP dan mungkin satu bulan setelah MotoGP," ujar dia. 

Di lain sisi, Sandiaga juga berbicara soal naiknya harga hotel jelang balapan MotoGP Mandalika. Menanggapi persoalan ini Kemenparekraf disebut Sandiaga telah menetapkan tarif batas atas untuk hotel yang berada di area ring satu dekat Sirkuit Mandalika. "Solusinya di ring pertama kita sudah memberikan batas atas daripada tarif hotel," ujarnya. 

Selain mematok batas atas tarif hotel di area ring satu, Sandiaga mengungkapkan jika kini ada banyak penginapan di desa wisata maupun homestay yang bisa menjadi alternatif bagi para penonton MotoGP.

"Kami menyarankan banyak sekali, sekarang dibangun fasilitas akomodasi yang ecofriendly di desa-desa wisata maupun homestay itu menjadi alternatif untuk di ring satu," ujar dia. 

BACA JUGA: Resmi Jadi Official Airline Motogp Mandalika 2024, Garuda Indonesia 8.000 Kursi

Sandiaga juga membocorkan jika okupansi penginapan di wilayah Mataram dan Senggigi belum menyentuh angka 100%. Berarti masih ada banyak kamar kosong yang bisa dipakai para penonton MotoGP Mandalika. 

"Tetapi yang di Mataram dan Senggigi sekarang okupansi masih di bawah 70 persen jadi masih sangat bisa untuk dipesan untuk para penonton MotoGP," tukasnya.

DIketahui, belakangan ramai diperbincangkan soal Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024 senilai Rp231 miliar yang belum terbayarkan oleh panitia lokal kepada Dorna Sports.

Padahal penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 tinggal menghitung hari saja, yakni pada 27-29 September 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

15 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Lokasi Tambang Solok, 25 Masih dalam Pencarian

News
| Jum'at, 27 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement