Advertisement

2 Suporter Jatuh dari Tribun saat Laga PSIM vs PSKC, Begini Kondisinya

Yosef Leon
Selasa, 19 September 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
2 Suporter Jatuh dari Tribun saat Laga PSIM vs PSKC, Begini Kondisinya Ilustrasi Stadion Mandala Krida Joga - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Laga PSIM vs PSKC Cimahi yang digelar di Mandala Krida beberapa waktu lalu makan korban. Dua orang suporter terjatuh dari tribun stadion sisi Timur dan Selatan pada babak pertama. Bahkan seorang di antaranya harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit lantaran tidak sadarkan diri. 

Ketua Panpel PSIM Jogja, Wendy Umar menjelaskan insiden suporter jatuh dari tribun penonton itu merupakan kejadian yang ketiga kalinya selama dua pertandingan kandang Laskar Mataram. Pertama kali terjadi saat PSIM Jogja melawan FC Bekasi City dan terulang di pertandingan kontra PSKC Cimahi.  "Sudah kami antisipasi padahal, tapi tetap saja kejadian," katanya, Selasa (19/9/2023). 

Advertisement

Selain memberikan spanduk imbauan dan diperingatkan lewat pengeras suara, Panpel PSIM Jogja juga menyediakan dua unit ambulans di dalam dan luar stadion. Ini dilakukan agar jika terdapat insiden di dalam stadion ambulans yang dipakai untuk perawatan pemain tidak digunakan. 

Hanya saja insiden suporter terjatuh saat pertandingan berlangsung masih saja terjadi saat laga melawan PSKC Cimahi lalu. Bahkan sampai dua kali. Insiden pertama terjadi saat gol Laskar Mataram dan suporter yang terjatuh itu disebut sedang bereuforia merayakan gol, tetapi malah hilang keseimbangan dan jatuh di tribun timur. 

"Itu langsung mendapat pertolongan pertama dari ambulans. Sempat tidak sadarkan diri dan ada pendarahan yang cukup serius," jelasnya. 

BACA JUGA: Tampil Minor di 2 Laga Home, Suporter PSIM Jogja Gelar Aksi Protes

Tak berselang lama penonton yang lain pun terjatuh lagi di tribun sisi selatan. Namun, kondisinya disebut tidak terlalu parah, hanya luka lecet di beberapa bagian dan langsung bisa beraktivitas. Kondisi yang parah dialami penonton yang terjatuh pertama. Sampai sekarang ia disebut masih dirawat di ICU RSUD Jogja. 

"Lukanya identifikasi awal itu ada pendarahan dari telinga dan hidung karena mungkin pada saat jatuh yang terbentur pertama kali itu mungkin kepala. Pas hari pertama dan kedua dia juga belum sadar tapi sekarang sudah stabil," ungkap Wendy. 

Menurutnya tiga laga away yang dijalani PSIM Jogja ke depan akan disiapkan pihak panitia untuk evaluasi dengan jajaran BPO DIY dan pengelola stadion. Pihaknya mengaku juga akan melibatkan kelompok suporter di titik yang rawan agar ada penjagaan demi mengantisipasi insiden jatuhnya suporter dari tribun penonton. 

"Memang yang sering kejadian itu di sisi Selatan dan Timur. Kami akan cari langkah bersama dari panpel, manajemen dan suporter karena dari struktur bangunan kan Mandala Krida memang belum boleh berubah, kami juga coba koordinasi sebaiknya seperti apa," kata Wendy. 

Sementara dalam unggahan di sosial media Brajamusti disebutkan bahwa suporter yang jatuh dan mendapat perawatan serius itu berasal dari Laskar Brajamusti Paskas atas nama Setiawan Deni Firmansyah.

DPP Brajamusti mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk penanganan lebih lanjut. Pihaknya juga mengimbau ke depan tidak ada lagi suporter yang memanjat pagar tribun agar kejadian serupa tidak terulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement