Advertisement

PSS Sleman Tumbang dari Persib Bandung dengan Skor 1-4, Begini Kata Pelatih PSS

Catur Dwi Janati
Minggu, 29 Oktober 2023 - 02:47 WIB
Ujang Hasanudin
PSS Sleman Tumbang dari Persib Bandung dengan Skor 1-4, Begini Kata Pelatih PSS Pemain PSS Sleman saat berhadapan dengan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Api pada Sabtu (28/10/2023) malam. - Istimewa /PSS Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman resmi mengakhiri putaran pertama BRI Liga 1-2023/24 dengan hasil minor. Bertandang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api, PSS Sleman harus mengakui keunggulan Persib Bandung dengan skor 4-1. 

Menghadapi tim papan atas, PSS Sleman memulai laga dengan cukup sulit. Mereka langsung tertinggal 1-0 lewat gol bunuh diri Thales Lira di menit ke-3. Beberapa menit berselang, Maung Bandung menggandakan keunggulan lewat sontekan tap in top skorer mereka David da Silva pada menit ke-21. Skor berjalan 2-0 untuk Persib Bandung. 

Advertisement

Dalam kondisi tertinggal, Super Elang Jawa perlahan berusaha keluar dari tekanan. Pada menit ke-36 upaya itu membuahkan hasil. Sepakan tenang sang kapten PSS Sleman, Kim Kurniawan berhasil menjebol gawang Persib dan mengubah skor menjadi 2-1.  Situasi ini yang selanjutnya coba dimaksimalkan PSS untuk bangkit. 

"Saya katakan kita masih punya harapan saat skor 2-1, kita bisa bermain lebih baik. Tetapi pada akhirnya kita memulai pertandingan dengan cara yang buruk," kata Pelatih Kepala PSS Sleman, Bertrand Crasson pada Sabtu (28/10/2023) seusai pertandingan. 

Di babak kedua, PSS Sleman mencoba menguasai bola dan membangun serangan. Sayangnya, setelah 25 menit babak kedua berjalan, PSS kembali kebobolan. Kali ini giliran Frets Butuan yang menjebol gawang PSS di menit ke-70. Hal ini kian diperparah dengan gol Beckham Putra tujuh menit berselang. Gol keempat Persib yang dicetak pada menit ke-77 itu semakin membuat keunggulan Persib semakin jauh. Skor 4-1 bertahan hingga akhir laga. 

"Ya tentu kita kecewa, angkanya cukup banyak, kalah 4-1 sangat berat untuk para pemain," ungkapnya. 

"Saya pikir kita membantu Persib Bandung untuk memenangkan pertandingan, juga beberapa kesalahan, juga kesalahan individu, membantu mereka memenangkan pertandingan," imbuh Crasson 

BACA JUGA: Hasil Persib vs PSS Sleman: Skor 4-1, Maung Bandung Peringkat 2 dan Elang Jawa Posisi ke-14

Sejumlah kesalahan memang sempat dibuat pemain PSS. Sementara Persib tanpa ampun memanfaatkan kesalahan-kesalahan itu untuk dikonversi menjadi sebuah gol. 

"Tetapi pada akhirnya ini logis, ini memang telah diprediksi, tim ini [Persib] sangat kuat. Ketika kamu membuat kesalahan seperti itu mereka akan menghukummu langsung," ujarnya. 

Kekalahan melawan Persib kata Crasson menjadi sebuah pembelajaran bagi tim. "Untuk kita ini adalah proses mencoba untuk belajar, tetapi jelas ketika kamu membuat kesalahan semacam itu, kesalahan langsung, kita akan secara langsung dihukum," tandasnya. 

Namun pelatih asal Belgia itu mengaku tidak akan menyalahkan para pemain. Kekalahan PSS merupakan tanggungjawabnya. Termasuk upayanya untuk memainkan lima pemain bertahan yang nyatanya belum berhasil dalam pertandingan ini.

Namun terlepas dari hasil ini, tim kata Crasson harus menegakkan kepala dan fokus untuk pertandingan berikutnya. Dia melanjutkan bila tim harus mengambil poin pada pertandingan berikutnya melawan Bali. 

"Tujuan saya untuk mengembalikan beberapa moral kepada para pemain, kecewa itu normal. Tetapi saya ulangi fokus saya adalah untuk pertandingan berikutnya pertandingan kandang melawan Bali, pertandingan ini akan berbeda," tegasnya. 

Kekalahan ini membuat PSS Sleman tetap bertahan di posisi 14 klasemen. Di sisi lain kelamaan ini juga memperpanjang rentetan tak pernah menang PSS di delapan laga terakhir. 

Sementara dengan hasil ini Persib Bandung memantabkan diri di peringkat dua klasemen dengan torehan 31 poin. Persib hanya selisih empat angka dari peringkat pertama Liga 1, Borneo FC Samarinda yang telah mengemas 35 poin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement