Advertisement

Porwanas XIV Kalsel 2024, Tenis Meja Sumbang Emas Pertama & 1 Perunggu Bagi DIY

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Porwanas XIV Kalsel 2024, Tenis Meja Sumbang Emas Pertama & 1 Perunggu Bagi DIY Foto bersama Kontingen Porwanas DIY bersama Tim Tenis Meja DIY seusai penyematan medali dalam UPP yang berlangsung di Gedung Tenis Meja Kompetem, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Kamis (22/8/2024) ist - pwidiy

Advertisement

Harianjogja.com, BANJARMASIN—Cabang olahraga (cabor) tenis meja menyumbangkan medali emas pertama bagi Kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional DIY.

Medali emas diraih melalui kategori Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) putri yang dipertandingkan di Gedung Tenis Meja Kompetem, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Kamis (22/8/2024).

Advertisement

Di samping itu, Kontingen DIY juga memperoleh satu (1) medali perunggu melalui nomor beregu 200 tahun putra. Masing-masing atas Emma Millania Kartini, kemudian Ning Rumekso Hadi, Sigit Purwita, Martoyo Basuki, Imam Riyadi, Agus Susanto, dan Devid Permana. 

BACA JUGA: Targetkan 2 Emas, Kontingen Porwanas DIY Resmi Dikukuhkan

"Alhamdulillah kami bersyukur mendapatkan medali emas pertama dari tenis meja, juga 1 medali perunggu. Sampai dengan hari ini sudah meraih 1 emas, 2 perunggu," ujar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY H. Hudono seusai menyematkan medali dalam Upacara Penghargaan Pemenang (UPP) Tenis Meja.

Sebelumnya pada Rabu (21/8/2024), Kontingen DIY atas nama Widyo Suprayogi dan Heri 'Timbul' Susanto juga mendapatkan medali perunggu melalui olahraga tradisional balogo. Pergelaran Porwanas XIV Kalsel 2024 sendiri secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Gelora Paman Birin Banjarbaru, Banjarmasin, pada Kamis (22/8/2024) waktu setempat.

Secara simbolis ajang yang memperebutkan 570 medali ini, ditandai dengan penyalaan api obor dan penyerahan trofi juara umum dari juara sebelumnya Jawa Barat dikembalikan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, kemudian diserahkan ke tuan rumah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel. 

Ada 12 cabang olahraga (cabor) dan karya jurnalistik yang dilombakan pada ajang tiga tahunan tersebut. Dengan sejumlah 2.730 peserta, di antaranya 1.234 atlet dari PWI seluruh provinsi ditambah dengan PWI Surakarta yang mengikuti Porwanas. Meliputi atletik, biliar, bridge, catur, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, domino, futsal, bulutangkis, olahraga tradisional balogo, dan karya jurnalistik. 

"Kami atas nama Pemprov Kalsel mengucapkan terima kasih kepada PWI yang telah mempercayakan penyelenggaraan Porwanas XIV 2024 ini di Kalsel. Sebuah penghormatan dan kebanggaan bagi kami kehadiran jurnalis dari seluruh daerah tentu akan memberikan nilai positif dalam menggaungkan Provinsi Kalsel, termasuk mempublikasikan Geopark Meratus," kata Gubernur Kalsel Sahbirin. 

BACA JUGA: Melihat Event Meratus Geopark Great Culture Carnival Jelang Porwanas XIV

Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun juga tak lupa menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Pemprov Kalsel yang telah menyambut dan memberikan pelayanan yang baik kepada para peserta, hingga membangunkan fasilitas olahraga untuk kegiatan Porwanas.

Adapun ajang olahraga tiga tahunan tersebut digelar dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarwartawan dari seluruh pelosok Indonesia. Yang di dalamnya diwarnai dengan beragam pertandingan, juga menghadirkan lomba karya jurnalistik. Baik karya tulis, fotografi hingga videografi yang pada Porwanas XIV 2024 pertama kali dilombakan.

Dia berharap dengan mengangkat tema Geopark Meratus, dapat menjadikan daerah tujuan wisata Kalsel ramah lingkungan dan diminati oleh banyak wisatawan.  Kegiatan pembukaan juga diramaikan dengan prosesi defile dari masing-masing kontingen. Pada kesempatan tersebut, PWI Pusat juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalsel sebagai Kepala Daerah yang memiliki kepedulian terhadap bidang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement