Advertisement

Demi Redam Serangan Macan Kemayoran, Super Elja Andalkan Kesabaran

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Desember 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Demi Redam Serangan Macan Kemayoran, Super Elja Andalkan Kesabaran Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic.(Istimewa/PSS Sleman)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Skuad Super Elang Jawa akan bertandang ke kandang Macan Kemayoran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi akhir pekan ini.

Menangkal keganasan permainan menyerang Persija Jakarta, kubu PSS Sleman siapkan strategi permainan sabar dan kombinasi lini pertahanan yang kokoh.

Advertisement

Menempuh perjalanan kurang lebih 500 kilometer dari Bumi Sembada, pasukan PSS akan melakoni laga tandang melawan Persija Jakarta dalam lanjutan pekan ke-23 BRI Liga 1-2023/24.

Modal mentereng di akhir pekan lalu, membuat Laskar Sembada menargetkan misi melanjutkan tren positif seusai menang dari RANS Nusantara FC pada laga sebelumnya.

Beda kubu, beda juga ceritanya. Jika PSS sukses meraih kemenangan di laga terakhirnya, Macan Kemayoran berhasil membawa satu pulang satu poin dari kandang Bajul Ijo.

Meski begitu, Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic menganggap Persija tetap menjadi tim dengan gaya permainan yang baik.

"Walau hasil di pekan sebelumnya mengecewakan bagi Persija, mereka tetaplah tim yang memainkan sepak bola secara baik dengan gaya sepak bola menyerang serta melakukan tekanan kuat ke lawan," kata Risto di Lapangan Pakembinangun, Rabu (13/12/2023) sore.

Gaya permainan Persija inilah yang menurut Risto harus mampu direspon oleh timnya dengan strategi yang pas dan cocok dengan karakter Super Elang Jawa. "Hal ini tentu saja harus direspon dengan strategi permainan yang baik kemudian bermain sesuai dengan karakter kami," tandasnya.

Permainan menyerang tim ibukota lanjut Risto harus dibalas dengan strategi permainan yang lebih sabar oleh timnya. Selain itu pertahanan yang kuat juga berpengaruh untuk meredam serangan Marko Simic cs. "Menghadapi sepak bola menyerang ala Persija, kami harus lebih sabar dengan pertahanan yang bagus," ungkapnya.

Risto juga menyinggung beban mental yang dipikul oleh Persija sebagai tuan rumah. Pelatih kelahiran Sarajevo tersebut memahami beban mental yang dihadapi Persija menjamu PSS. Dia bahkan menilai saat ini Macan Kemayoran dalam tekanan psikologis karena dituntut harus menang lantaran hasil yang tidak bagusnya di pekan sebelumnya. "Secara mental, buat para pemain Persija pasti akan merasakan demam panggung karena mereka dalam tekanan harus meraih kemenangan," kata Risto.

BACA JUGA:  Bersiap Hadapi Persija, Ini Menu Latihan Pemain PSS Sleman

Kondisi ini lah yang harus dimanfaatkan PSS Sleman untuk mengontrol permainan permainan dan membawa hasil yang baik di akhir laga. "Hal ini harus bisa kami manfaatkan secara cerdik. Jika situasi ini bisa dikendalikan, harapannya PSS mampu meraih hasil yang positif di pertandingan ini," tandasnya.

Sayangnya, dalam meladeni jamuan Persija Jakarta nanti, skuat Super Elja berpotensi tidak diperkuat para pemainnya. Pasalnya sejumlah pemain pilar terancam absen lantaran akumulasi dan cedera. Kendati demikian, kendala ini direspons dengan positif oleh Risto

"Tentu ini bukan situasi yang ideal bagi kami. Tapi di sepak bola, hal tersebut memang normal terjadi. Kami masih memiliki beberapa pemain lain yang layak bermain untuk menggantikan mereka yang tidak dapat bermain. Jadi menurut saya itu bukan masalah," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Naskah Kuno Indonesia Ditetapkan Jadi Memory of the World oleh UNESCO

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement